Oleh: hendrinova | Agustus 19, 2009

Jiran, Sinetron Bertabur Penyiksaan Memasuki Bulan Ramadan


Indosiar ternyata belum puas-puasnya mengangkat cerita poligami ke dalam layar sinetron. Kali ini dikemas lebih ganas, dengan menumpuk puluhan wanita dalam satu rumah. Jiran, itulah nama sinetronnya, dengan Titi Kamal sebagai peran utama.

Ide sinetron sepertinya tidak jauh-jauh dari masalah yang melanda Manohara di negeri Kelantan Malaysia. Penulis skenario dengan berani membawanya pada bidang masalah yang lebih besar, yakni kehidupan sang raja dengan selir-selirnya yang berjumlah puluhan orang. Gilanya, hampir semua perempuan itu berasal dari Indonesia.

Intrik dan konflik yang dikemukan, tidak jauh-jauh pula dari ide sinetron sebelumnya. Sebutlah masalah perselingkuhan, cemburu antar sesama wanita yang di madu, sampai pada hukuman-hukuman sadis sebagai balasan melakukan kesalahan.

Sayangnya lagi, dalam segi bahasa, banyak yang tidak pas dengan logat Melayu. Hasilnya, tentu bahasa gado-gado, campuran bahasa Melayu dengan bahasa Indonesia. Sehingga kesan sinetron ini dibuat asal jadi dan hemat biaya produksi, begitu kentara terlihat.

Jika fakta yang dibeberkan sinetron ini memang sama dengan kehidupan keluarga kerajaan di Malaysia, tentu akan membuat nama Islam ikut tercoreng. Soalnya, negara Malaysia juga identik dengan Islamnya.

Pemberian hukuman tanpa proses pengadilan dan penyiksaan super hebat di penjara, tentu akan menambah penilaian buruk terhadap hukum Islam yang diterapkan kerajaan. Dari sini timbul lagi pertanyaan, apakah semuanya memang dirancang Indosiar untuk menyerang ajaran Islam lewat sinetron-sinetronnya?

Soalnya, sampai sekarang sinetron-sinetron Indosiar selalu menjual atribut atau simbol-simbol Islam, dengan segala bentuk hal-hal negatif. Seperti sinetron nyeleneh ‘Muallaf’ yang dipaksakan ditutup baru-baru ini. Begitu juga Inayah, dengan pola yang sama.

Sepertinya Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus mengawasi ketat sinetron ini, agar tidak makin mencoreng citra Islam. Indosiar harus memberikan data dan fakta, akan semua ide sinetron yang diangkatnya. Hendri Nova


Tanggapan

  1. saya suka lihat wjah noor

  2. tolong sinetron nya tambah diseruin donk !!!!!!!!!!!!!!!!!1

  3. si nanang ceritanya kemana nih ??????????????

  4. tolong noor agak memberi kebaikan sedikit aja ke jiran soalnya jiran baik.

  5. seharusnya sultan tidak usah kawin kontrak dengan jiran lebih baik nikah sungguhan aja karna sultan sangat cinta ama jiran.

  6. seharusnya noor harus sedikit aja bersikap baik ama jiran soalnya jiran sangat baik ama kamu noor dan makcik hamidah serta seluruh orang yg ada di istana kerjaan dan kepada anaknya,keluarga yg ada di kampungnya. Tolong ya noor dan makcik hamidah i tolong plizzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.

  7. sebenarnya sultan nggak usah kawin kontrak ama jiran lebih baik nikah sungguhan aja karna sultan sangat cinta ama jiran!.

  8. tolong noor dan makcik berbaik hati banyak atau sedikit ke jiran .Karena jiran sudah banyak membantu seluruh orang yg ada di istana dan saudara dan keluarganya serta anaknya di kampung i mohon plizzzzz!!!!!!!!!!!!!!!………..

  9. aku kagum ama sultan karena dia sangat sayang ama jiran tapi karena dia cuma kawin kontrak maka ia tidak boleh sangat sayang ama jiran.

  10. aku…. mau Seluruh kRU dan artis sinetron jiran datang ke sibolga, jangan ke kota besar Z donk… kan kacian orang yang tinggal di kota2 kecil, PleeZ………

  11. pak sultan,kereeen bangget…..!!!mau dong sebagai pengganti jiran…….!!!bang pendi kapan sadarnya?bang pendi jadian ama mak cik hamidah aja….lebih seru kan……!

  12. masya Allah cantiknya yang merankan Nur..bentuk fisik yang sempurna banget!!!

  13. Knp jiran cm bbrp episode si?tlng donk d prpnjng jd Jiran2.w sk bnget sm didi riyadi(sultan)y ampn kren bgt dia pa lg lwn maeny tikam..tlng donk sultan kmbli sm jiran..dan kl bs knflk yg da d bkn smkn rame ky wkt msh da ma cik hamidah.jgn ky skrng ko d istana mlh jd ky gt si..
    Please pRpnjng donk episode’y,,sneng bgt ni ma Sultan n jiran.smga sukses trz y n smga da jIran 2 tp ttp Didi riyadi n Tikam y yg maen.Thanks bgt smg d dngar y usulku.

  14. Ap jiran tgl bbrp episode?jgn donk..aduh pak sultan ayo Rebut kmbli jiran.
    Tikan n didi keren abiz,,,tlng y d pRpnjng episode’y jd jiran 2 tp ttp Pak sultan sm teh jiran yg main.knfliky Lbh seru wkt da ma cik hamidah si..
    Ok,thanks y smg srn ku d dngar…oh y cik puan noor cntik deh,tp ko jht bgt si.

  15. Mskpn w laki2 w sk ma sinetron ini.pa lg da tikam yg lwny didi riyadi..n satu lg pmeran noor cntik skali.Jgn berakhr donk kl bs d prpnjng dgn
    Knflk yg lbh menarik..Thanks.smg saran saya d dngar

  16. Jiran jgn tmt donk,kl bs d prpnjng smpe jiran 2.Pak sultan keren abiz..ayo rebut lg jiran jg keraja’n..knflky d at tmbh mnrk ky wkt da mak cik hamidah,jgn ky skrng istana mlh jd orng2 yg ga jls isiy..n noor km tega bgt si sm jiran,,Tlng y d prpnjng lg crty agr lbh menarik spt episode2 awly,,Thanks..
    Love you full Jìran n Kang Sultan.

  17. Jiran d prpnjng y..aku sk bgt ma kang sultan jg jiran,,cAyo trz Jiran..

  18. Tlng jiran jgn tmt,kl bs d prpnjng jg pak sultan+jiran kmbli brst.buat knflky lbh mnrk sprt wkt da ma cik hamidah… Kren abiz jiran,akting kamu sm didi riyadi pas bgt pa lg didi yg cool wkt prnin tkh sultan.poko’y TOP B.G.T..n NOor cntik skali kamu..
    Tlng y d dngar usulku n smg jiran ttp d prpnjng episod’y dgn knflk2 jg alur crta yg lbh mNrk n ttny dgn Jiran+anky d sisi Sultan.Cayo…

  19. Kalo boleh tahu beli CD ATAU DVD JIRAN Dimana Ya?????

  20. endingnya ko gak enak jiran gak jadi sama sultan
    ayo dong tanyangin jiran2, ada jiran kang sultan dan 2 anaknya, kalau bisa di terbitkan vcd nya dong, plz akukan pengen nonton lagi, penasaran deh.

  21. mudah – mudahan jiran ada lanjutannya

  22. Knpa Sih akhirnya jiran gak milih2 siapa , pdahal pilih za sultan ,, karna kalau jiran bersama sultan Akan ,mrasa bahagia ,, kan jiran kasian swaktu pernikahan dengan luky hakim .. Sutradaranya gak bener sih ,, lgian jiran ma didiriyadi cocok banget .. Aku ngepens bnget ma titi kalam , didi riyadi.
    SWkrang aku mau nanya knpa jiran gak berpsngan ma sultan ??? aku bner2 kcwa ma sutradara……………

  23. lanjutan nya kemana ko gak komplit sich? tha sangatd kecewa…


Tinggalkan komentar

Kategori