Oleh: hendrinova | Desember 16, 2012

Looper ; Pilihan Pahit Kehidupan

 Profesi Joe (Joseph Gordon-Levitt) sebagai algojo, dijalani dengan sangat senang dan bahagia. Dari membunuh orang itu, ia mendapatkan banyak uang, batangan perak, dan kemewahan hidup lainnya.

Bisa dikatakan, kerja Joe hanya menekan pelatuk pistol saja. Setelah korbannya tewas, ia tinggal memasukkannya dalam oven, sampai akhirnya tak ada jejak kematian.

Para korban Joe, merupakan orang-orang yang ditangkap mafia dari zaman 30 tahun ke depan. Mafia berhasil menemukan mesin waktu, dan mereka manfaatkan untuk membunuh musuh-musuhnya di 30 tahun sebelumnya.

Suatu hari, Joe kedatangan rekannya sesama Looper yang sangat ketakutan. Ia bercerita tentang korban yang akan ia tembak. Setelah penutup mata ia buka, ia mendapati dirinya sendiri yang sudah tua di 30 tahun yang akan datang.

Awalnya Joe tidak mau memberi pertolongan, karena hukuman para Looper yang mangkir dari tugas adalah maut. Namun akhirnya ia luluh, dan memberikan ruang sembunyi bagi sahabatnya.

Beberapa waktu kemudian, Joe kembali harus melakukan eksekusi. Ia heran, karena jam kedatangan korbannya sedikit telat dari biasa. Namun begitu korbannya datang, ia pun terperangah karena sang korban yang ternyata dirinya di 30 tahun mendatang, melakukan serangan balik.

Ia tak jadi membunuh Joe tua (Bruce Willis), karena satu pukulan telah membuatnya pingsan. Apa hendak dikata, kini Joe pun jadi buronan.

Saat Joe berada di tempat minum kopi kesukaannya, ia didatangi Joe tua. Ia kemudian diberi peta tiga lokasi keberadaan “The Rainmaker”, tokoh dunia hitam tahun 2074 yang telah membuat hidupnya hancur berkeping-keping.

Saat keduanya memegang peta, pasukan Looper lain datang menghadang. Joe tua yang lebih berpengalaman berhasil melumpuhkan banyak Looper. Sementara peta di tangannya telah sobek yang sepertiganya di tangan Joe muda.

Joe muda yang juga jadi buronan, akhirnya menemukan lokasi markas “The Rainmaker” yang waktu itu masih berusia anak-anak. Awalnya ia hampir termudah oleh ibu sang bocah.

Namun lama kelamaan, ia malah menjadi pelindung. Satu pilihan sulit kini harus ia ambil, karena nyawa si bocah kecil dan ibunya ada dalam keputusannya.

Film besutan Sutradara Rian Johnson hanya cocok untuk kalangan dewasa. Walau tidak ada adegan yang terlalu vulgar, tetap tidak aman bagi anak-anak.

Terkait keberadaan mesin waktu, memang masih misteri dan mungkinkah akan terwujud ? Soalnya, kalau terwujud, tentu dengan mudahnya manusia mengacak-acak takdir dirinya dan orang lain.

Mesin waktu mencoba memposisikan waktu sebagai sesuatu yang paralel. Dalam pengertian ini, semua waktu berjalan bersamaan, sehingga bisa dimasuki kapan saja. Hal ini jelas bertentangan dengan konsep Islam, yang menyatakan waktu sebagai sesuatu yang horizontal. hendri nova

Jenis : Action
Pemain : Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, dan Emily Blunt
Sutradara : Rian Johnson


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: