Oleh: hendrinova | Desember 14, 2012

Ziarah Wali Sanga dalam Tuntunan Islam

Judul: Paduan Lengkap Ziarah Wali Sanga
Penulis : I. Rofi’ie Ariniro
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : Pertama, April 2012
Tebal : 167 Halaman
Ziarah walau tidak ada yang mewajibkannya, sudah menjadi bagian dalam kehidupan umat Islam. Selain ziarah ke makam saudara sendiri, ke makam para ulama dan wali Allah, kadang jadi suatu agenda dalam wisata religi keluarga.
Tak hanya bersama keluarga, kadang wisata religi ke makam para wali, juga dirancang bersama jemaah yang lebih besar. Walau yang dilihat hanya makam, ziarah dipandang masyarakat sebagai suatu tindakan penghormatan dan sebagai napak tilas mengenang perjuangan para wali dalam menegakkan Islam di muka bumi.
Sayang sebagian masyarakat yang berziarah, tidak sesuai dengan tuntunan Islam. Berbagai tindakan syirik dan khurafat yang tidak didukung hadist Rasulullah SAW dilakukan. Akhirnya ziarah jadi membuat dosa, bukan malah menambah pahala sebagaimana tujuan semula.
Karena ziarah tidak mungkin dilarang, maka tindakan bijak yang harus dilakukan dengan menuntun ziarah ke arah yang sesuai tuntunan Islam. Kalau tidak diperbaiki sekarang, maka generasi selanjutnya sangat sulit terbebas dari ziarah yang tak sesuai dengan tuntunan Islam.
Maka dari itu, buku berjudul Panduan Lengkap Ziarah Wali Sanga ini hadir untuk memberikan tuntunan ziarah yang benar. Bagi anda yang peduli akan kesucian ziarah, tentu tidak ingin mencemarinya dengan perbuatan syirik atau bidaah lainnya.
Tak hanya memberikan tuntunan ziarah Wali Sanga yang benar, buku ini juga memuat sejarah hidupnya kesembilan wali. Tentu tidak ketinggalan panduan lengkap lokasi-lokasi ziarah makam para wali.
Bagi anda yang memang sudah memprogramkan akan melakukan ziarah para wali, maka buku ini bisa dijadikan pegangan.Anda tentunya akan sangat diuntungkan dengan adanya panduan yang sesuai ajaran Islam.
Maka dari itu, untuk menapak tilas anda tentu bisa membaca buku ini, untuk lebih mengenal para wali dari dekat. Ambil positifnya agar bisa diamalkan dalam hidup. Jika yang rasanya tidak masuk akal, anda punya pilihan untuk menolaknya.
Terkait doa-doa ziarah, silahkan pilih sesuai kebutuhan. Baiknya tanya ulama juga akan panduan doa yang lebih tepat. Bagaimanapun, belajar dengan guru jauh lebih menguntungkan dari belajar sendiri. Setidaknya buku ini bisa dijadikan petunjuk awal mempelajari hal-hal terkait ziarah lainnya dengan tepat, sesuai dengan tuntunan agama Islam. Peresensi ; Hendri Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: