Oleh: hendrinova | Desember 14, 2012

Sekolah Pengembang Bakat Anak

Judul: Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah
Penulis : Jamal Ma’mur Asmani
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : Pertama, September2012
Tebal : 226 Halaman
Bakat atau talenta, kini menjadi buruan banyak stasiun televisi, agar bisa dijual kepada pemirsa. Pencarian bakat-bakat unik dan mengagumkan tak henti-henti dicari, walau harus mengeluarkan biaya besar.
Jika dulu pencari bakat susah memperkenalkan bakatnya pada publik, kini mereka bebas berekspresi dan mendapat promosi gratis. Jika bakatnya istimewa, siap-siap saja menjadi tenar dalam waktu sangat singkat.
Sayangnya, hanya pihak swasta saja yang getol mencari bakat manusia. Sementara sekolah, masih terfokus pada pendidikan dengan menyepelekan bakat. Anak-anak yang ingin mengembangkan bakat, akhirnya memanfaatkan lembaga swasta untuk mengembangkan diri.
Mereka yang hobi musik misalnya, terpaksa kursus di luar sekolah, agar bakatnya tersalurkan. Orang tua yang mengerti, tak segan-segan mengeluarkan biaya banyak, asal bakat anaknya tersalurkan dan bisa dikembangkan.
Padahal, sekolahlah yang seharusnya lebih cepat bereaksi, karena anak-anak banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Seorang guru yang telah melihat benih bakat hebat pada seorang anak, tidak boleh menunda waktulagi, selain bertindak cepat mengembankan bakat anak.
Nah bagi guru-guru yang peduli pada pengembangan bakah, maka buku ‘Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah’ ini bisa menjadi pegangan. Guru akan dituntun melihat bakat anak-anak, sehingga mereka menjadi manusia yang memiliki bakat hebat.
Jika satu sekolah memiliki banyak anak hebat, maka orang tua murid akan banyak berdatangkan untuk mendapatkan hasil serupa. Jadi bersiap-bersiaplah menjadi sekolah favorit yang akan didatangi oleh banyak siswa lokal maupun dari luar.
Orang tua maunya tentu hanya anaknya menjadi orang hebat. Mereka terkadang tidak memirkan biaya besar yang dikeluarkan, asal hasilnya kelihatan. Jadi dukungan penuh akan mereka berikan, selagi yang diminta sekolah masih masuk akal.
Cara terbaik untuk mengembangkan bakat anak, tentu dengan menggelar berbagai lomba. Perlombaan akan membuat anak-anak bersemangat, karena ada hadiah yang bisa diambil. Asah terus kemampuan mereka, hingga benar-benar mencapai kecerdasan yang seimbang antara jasmani dan rohani. Peresensi : Hendri Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: