Oleh: hendrinova | Desember 14, 2012

Panduan untuk Guru

Judul: Pedoman Pembelajaran & Instruksi Pendidikan
Penulis : Kelvin Seifert
Penerbit : IRCiSoD
Cetakan : Pertama, Februari 2012
Tebal : 270 Halaman
PENDIDIKAN memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Mereka yang terdidik mampu membuat perubahan, karena memiliki bekal ilmu pengetahuan. Sementara mereka yang tak memiliki ilmu pengetahuan, akan menjadi santapan mereka yang menjadikan pengetahuan untuk kejahatan.
Agar pendidikan yang dilaksanakan efektif, sangat tergantung pada proses pembelajaran dan instruksi yang dijalankan dalam lembaga pendidikan. Maka dari itu, para pendidik dan praktisi pendidikan harus terus menerus berupaya mencari cara untuk membuat instruksi pendidikan lebih efektif.
Bagi para pendidik yang ingin membuat instruksi pendidikan lebih effektif, maka buku berjudul Pedoman Pembelajaran & Instruksi Pendidikan ini bisa dijadikan pedoman. Pembaca akan diajak terlebih dahulu untuk memahami sifat dasar dari sebuah pengetahuan, meneliti pengetahuan sebagai pemikiran, dan mendiskusikan beberapa impilikasi dari sifat dasar sebuah pengetahuan, untuk merancang sebuah proses pembelajaran.
Selanjutnya akan ditunjukkan beberapa sampel perencanaan pembelajaran sistematis dan starategi-startegi agar perencanaan itu berjalan efektif. Dengan demikian, proses pembelajaran jadi lebih gampang dan mudah dicerna.
Seseorang yang telah memiliki dasar pengetahuan, akan mampu mengubah perilaku. Ia akan menjadi manusia yang berbeda dengan pengetahuan yang dimiliki. Pengetahuan memang mampu mengubah seseorang menjadi lebih baik, karena pengetahuan akan membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik.
Buku ini juga kaya dengan berbagai teori seperti teori pengetahuan sosial, teori pengetahuan kognitif, teori pengolah informasi, teori intsruksi Bruner, teori klasiffikasi Gagne, dan lainnya. Masing-masing teori memiliki kekuatan sendiri, sehingga bisa diterapkan di keadaan berbeda.
Selain itu, buku ini juga membahas berbagai tuntutan yang akan dialami guru dalam interaksinya dengan siswa. Tentu saja ada solusi yang ditawarkan, agar guru memiliki banyak cara mengendalikan kelasnya.
Memiliki buku ini bak memiliki seorang guru pamong yang berpengalaman. Makanya, guru-guru baru sangat rugi kalau tidak membacanya. Mudah-mudahan saja, para guru makin profesional dan diterima muridnya dalam mendidik mereka jadi insan terbaik. Peresensi: Hendri Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: