Oleh: hendrinova | Desember 14, 2012

Keberkahan Di Balik Shalat Sunnah

Judul: Mukjizat Dunia & Akhirat dari Shalat-Shalat Sunnah
Penulis : Lutfil Kirom Az-Zumaro
Penerbit : Sabil
Cetakan : Pertama, Juni 2012
Tebal : 236 Halaman
Amalan-amalan sunnah yang dikerjakan dengan ikhlas, menyimpan banyak keberkahan dan kemulian. Amalan tersebut mendapat imbalan khusus dari Allah SWT, sebagai  pemberi imbalan terbaik, terhadap segala amalan yang dilakukan hamba-hamba-Nya.
Kalau Allah SWT yang membalas, benar-benar dobel. Tak hanya balasan di dunia, tapi juga balasan di akhirat. Namun tak jarang juga untuk sebagian manusia, imbalannya disimpan di akhirat saja. Sementara di dunia, imbalan yang diberikan tidak berupa materi, tapi berupa ketenangan jiwa.
Di antara amalan-amalan sunnah yang mendapat ganjaran dunia dan akhirat adalah shalat-shalat sunnah. Kalau shalat lima waktu merupakan kewajiban, maka shalat sunnah adalah bonus. Ia bisa menambal bolong-bolong ketidaksempurnaan shalat wajib.
Makin banyak seorang hamba mengerjakan shalat sunnah, maka tabungan bonusnya di akhirat makin mantap. Tanda keshalehan terpancar dari wajahnya, dan hidupnya penuh dengan kebahagiaan.
Ibarat orang yang sudah terima gaji, lalu terima bonus pula, rasa bahagianya tentu lebih hebat. Aura kebahagian lebih memancar terang, dibanding mereka yang hanya terima gaji saja. Maka dari itu, sangat rugi kalau hanya puas dengan hanya mengerjakan shalat wajib saja.
Shalat sunnah sendiri banyak pilihan. Setidaknya ada 17 shalat sunnah yang bisa dikerjakan, pada waktu-waktu yang telah ditetapkan. Ia bisa dikerjakan mulai pagi sampai malam hari seperti shalat Dhuha,  Istikharah, Tasbih, Tarawih, Witir, Taubat, Awwabin, Wudhu, Tahiyyatul Masjid, Mutlak, Id, Istiqa’, Gerhana, Tahajjud, dan lainnya.
Masing-masing shalat sunnah memiliki keutamaan-keutamaan yang tentunya tidak dimiliki shalat sunnah lainnya. Shalat Tarawih misalnya, ia hanya ada di bulan Ramadhan saja. Ia tidak bisa dikerjakan selain bulan Ramadhan. Makanya sangat rugi kalau hanya jadi orang Islam tapi tidak beriman.
Soalnya, puasa hanya untuk umat Islam yang beriman, sehingga ia dari fajar sampai tenggelam matahari berpuasa lalu di malamnya mengerjakan shalat Tarawih. Tiap malam memiliki keutamaan berbeda. Seperti di malam pertama, mereka yang mengerjakan shalat Tarawih diberikan keistimewaan suci dari dosa sebagaimana waktu dilahirkan. Bahkan di malam ke-29, ia sudah dianggap telah mengerjakan 1.000 kali haji mabrur.
Lain lagi dengan shalat Dhuha yang juga dikenal sebagai shalat pembuka rezeki dan pengaman diri. Mereka yang mengerjakan shalat Dhuha akan dimudahkan dalam mencari rezeki. Jika termakan yang haram, maka Allah akan menyucikannya dan lainnya.
Apalagi shalat Tahajjud. Pahalanya sungguh sangat besar, sampai-sampai jatuh pada wajib, jika tidak dipandang nantinya jadi kewajiban. Mereka yang mengerjakan shalat Tahajjud, lebih dekat dengan Allah SWT, karena hanya dirinya yang sanggup melakukannya.
Jika anda ingin tahu keistimewaan shalat sunnah lainnya serta keistimewaannya di dunia akhirat, maka buku berjudul ‘Mukjizat Dunia & Akhirat dari Shalat-Shalat Sunnah’ ini bisa dijadikan pegangan. Meski judul bukunya sedikit bombastis, setidaknya isinya lebih utama.
Memang seharusnya buku ini tidak memakai kata mukjizat, karena hanya nabi dan rasul yang mendapat keistimewaan itu. Paling cocok diganti dengan kata ‘Keistimewaan’ karena juga melambangkan sesuatu yang special dan khusus.
Apalagi di bulan Ramadhan, di mana shalat sunnah bisa diganjar pahalanya seperti shalat wajib, maka memperbanyak shalat sunnah tentu sangat menguntungkan. Jadi yuk… mengerjakan shalat sunnah. Peresensi ; Hendri Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: