Oleh: hendrinova | Desember 14, 2012

Gelang Kembali Berkilau

<!–[if !mso]>st1\:*{behavior:url(#ieooui) } <![endif]–>

Judul: Silver Bracelet
Penulis : Merry Basril
Penerbit : DAR! Mizan
Cetakan : Pertama, September 2012
Tebal : 23 Halaman
Belajar dari buku bergambar, kadang membuat pemahaman lebih cepat sampai. Tak heran, banyak pendidik yang merekomendasikan buku bergambar sebagai media pendidikan bagi anak-anak. Dengan kemasan yang menarik dan gambar-gambar cerah, membuat anak-anak jadi senang membacanya.
Langkah selanjutnya, tentu memberikan pesan menyentuh dalam cerita. Khusus anak-anak maupun orang dewasa, satu pesan dalam sebuah cerita bergambar, bisa tersimpan dalam memori otak dalam waktu lama.
Tentu saja pesan yang disampaikan bukan pesan fiktif, tapi pesan bernas yang mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kalau menyentuh sendi-sendi kehidupan, tentu pesannya akan menjadi sangat berguna.
Hal itulah yang coba diberikan dalam cerita mini bergambar berjudul “Silver Bracelet”. Buku ini memang bercerita tentang Silver Bracelet atau gelang perak, yakni berhubungan dengan cara mengkilapkan kembali gelang perak.
Diceritakan Minmie dan Cindy yang ingin pergi ke suatu pesta. Mereka ingin pakai gelang perak yang sama, dibeli di sebuah mall beberapa waktu lalu. Sayang gelang perak Cindy sudah kusam, sehingga ia tidak pede untuk bergaya dengan gelang perak yang tak lagi berkilau.
Untung saja Minmie seorang gadis cerdas, punya solusi untuk masalah Cindy. Hanya bermodal odol dan sikat gigi, ia bisa mengembalikan kilap gelang perak Cindy. Jadinya, mereka bisa ke pesta dengan gelang yang sama.
Bagi anak-anak, cerita bergambar seperti ini merupakan trik yang sangat ampuh menanamkan pelajaran bagi mereka. Cukup singkat dan padat, namun berkesan dalam. Pembaca jadi ingat, cara untuk mengkilapkan barang-barang perak, dengan bahan-bahan yang ada di rumah.
Tentu saja bagi orang dewasa yang belum tahu informasi ini, juga jadi masukan berharga bagi mereka. Ilmu itu bisa mereka praktekkan, baik bagi peralatan dapur ataupun peralatan rumah tangga lainnya.
Jadi cerita bergambar ini, tak hanya untuk anak-anak saja, tapi juga kalangan dewasa. Sudah pasti ngak rugi untuk menyimpannya di pustaka pribadi, agar generasi selanjutnya juga peroleh ilmu yang sama dan sangat berharga ini. Peresensi : Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: