Oleh: hendrinova | Desember 14, 2012

Cinta Buta Duta Besar AS

Judul: Shema
Penulis : Zhaenal Fanani
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : Pertama, Juni 2011
Tebal : 433 Halaman
Egoisme Rosalina Dores langsung mengemuka, begitu cintanya ditolak seorang pialang saham terkemuka Yunani, Kliptatos Piyanios. Dendam cintanya tak hanya pada sang pujaan, tapi juga pada orang-orang sekitar kekasih yang tidak bisa didapatnya itu.
Rosalina nekad menghabisi generasi Piyanios, sehingga rentetan pembunuhan tak bisa dihindarkan. Ia menjadi perempuan berdarah dingin tanpa perasaan.
Tak puas sampai disitu saja, ia memperpanjang  daftar pembunuhan, dengan melenyapkan aktivitas seni sufi, Shema, tempat Kliptatos sering menghabiskan waktu. Ia bertekad melenyapkan Shema sampai tak ada lagi di muka bumi. Ia berharap dengan tindakan itu, sang pujaan jadi terpuruk.
Ia beranggapan Shema bertanggung jawab atas sikap Kliptatos yang makin jauh dengannya. Sang Maestro  Dervish jadi sasaran korban berikutnya.
Untuk memuluskan aksinya, Rosalina menggandeng pihak militer seperti Koslova. Ia ingin menghilangkan jejak, sehingga bisa melenggang meninggalkan Turki tanpa harus mempertanggungjawabkan perbuatan.
Salah seorang korban tidak langsung Rozalina adalah Profesor Balqish. Ia terjebak dalam lingkaran yang hampir pula merenggut nyawanya. Andai tidak diselamatkan, ia sudah menjadi mayat di tempat yang tidak ada orang tahu.
Novel berjudul Shema ini, akan membawa pembaca menjelajah negara Turki dan lainnya. Penulis dengan piawai merangkai tiap kejadian dengan manis. Walau belum fenomenal, setidaknya novel ini bisa menjadi alternatif bacaan yang lumayan asyik.
Penulis yang memiliki basic cerita-cerita silat, begitu pandai merangkai kejadian demi kejaian. Maka jadilah nove ini seperti novel silat kebanyakan. Sayangnya, alur cerita sedikit mudah ditebak, karena teka-tekinya lumayan gampang.
Adanya tokoh Balqish mengesankan karya-karya Zhaenal Fanani seperti kisah bersambung, dengan topik berbeda. Sepertinya Balqish sengaja dijadikan tokoh hebat di tiap novelnya. Jadilah karya-karya Zhaenal seperti novel bernuansa kriminal dan konspirasi tingkat tinggi.
Jadi, bagi anda penggemar novel intrik kriminal dengan aroma konspirasi, maka tidak salah membaca Shema. Anda akan dibawa masuk ke negara Turki, yang tentu ada tempat yang tidak anda kenal sama sekali. Peresensi ;Hendri Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: