Oleh: hendrinova | Juni 10, 2012

"Wayang Bandel" Ketiban Apes

Tak semua hal bisa dijadikan sumber lawakan. Terkhusus yang sudah terkait dengan masalah agama. Maka dari itu, jangan coba-coba dilecehkan di panggung lawak.

Sayang di program sitkom Wayang Bandel yang mengangkat tema Sastra Mahabrata, pada Sabtu (12/5) lalu coba melanggarnya. Saat itu pelawak yang hadir Olga Syahputra, Jessica Iskandar, Ayu Dewi dan Yadi Sembako. Mereka menampilkan dialog antara Pandawa dan Kurawa dengan latar belakang Istana Hastanipura dan Istana Indraprasta.

Bisa dikatakan figur yang mereka mainkan termasuk suci dalam kitab Weda, yaitu Yudhistira, Drupadi, Duryodhana dan Dursasana. Sayang dalam berakting dibawakan secara main-main dan sarat pelecehan, dalam kaca mata masyarakat Hindu.

Kata-kata yang diucapkan kasar yang tidak mencerminkan tokoh suci, bahkan jauh dari nilai kepatutan. Mereka pun dinilai melecehkan simbol-simbol suci agama Hindu.

Tak ayal somasi pun dilayangkan pada pihak Trans TV. Dari kasus ini, hendaknya diambil pelajaran kalau masalah prinsip baiknya jangan dimain-mainkan apalagi dilecehkan.

Kalau memang mengambil latar wayang, buatlah figur baru yang kiranya akan dikenang di suatu saat nanti. Itu baru disebut kreatif. hendri nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: