Oleh: hendrinova | Juni 10, 2012

Otak Kanan untuk Kelancaran Bisnis

Judul: Jebol Pintu Sukses Bisnismu dengan Otak Kanan

Penulis : Robi’ah Awamy
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : Pertama, Januari 2012
Tebal : 112 Halaman
Fenomena otak kanan terus menjadi pembicaraan, termasuk kegunaannya untuk berbisnis. Konon kabarnya, mereka yang gagal dalam berbisnis, karena hanya mengandalkan otak kiri semata, demi kelancaran bisnisnya. Mereka melupakan otak kanan, padahal ia sumber kesuksesan.
Seberapa hebatkan otak kanan? Robi’ah Awamy dalam bukunya yang berjudul “Jebol Pintu Sukses Bisnismu dengan Otak Kanan” coba mengungkapnya, agar mereka yang ingin sukses dalam bisnis, bisa merasakan hebatnya si otak kanan. Mereka yang telah mempraktekkannya, telah mendapat manfaat besar darinya.
Buku ini dibuka dengan jabaran tentang kehebatan otak secara keseluruhan dan khususnya otak kanan. Disebutkan otak kiri berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan logika, angka, tulisan, kecerdasan, hitungan, analisis, dan untuk ingatan jangka penting. Istilah populer yang sering dikaitan dengan otak kiri antaranya berkaitan dengan akademik, intelektual, dan bisnis.
Sementara otak kanan berhubungan dengan kreatifitas, imajinasi, musik, warna, bentuk, emosi, dan untuk ingatan jangka panjang. Istilah populer untuk otak kanan antaranya artistik, kreatif, dan naluriah.
Pada dasarnya, otak seorang manusia berfungsi seperti super komputer yang mempunyai kemampuan dan kapasitas visual, audio, matematis, analitis, dan psikis yang mengagumkan. Hal itu ditunjang oleh berjuta-juta sel otak yang bereaksi antarsel dengan cara yang hingga saat inibelum diketahui para ilmuwan.
Sementara hasil penelitian para ahli otak menyebutkan, rata-rata individu baru menggunakan otaknya kurang dari satu persen. Jadi masing-masing individu memiliki potensi luar biasa yang belum tersentuh.
Menurut Ippo Santosa, dengan pola pikir lateral, orang yang otak kanannya kuat, akan mampu menyikapi ketidakpastian, perubahan, dan resiko. Akhirnya mereka mampu menjadi penemu dan pemimpin. Ia menyebut orang yang kuat otak kanannya sebagai golongan kanan.
Otak kanan menentukan 80 persen kesuksesan, karena tidak terpisahkan dengan Emotional Question (EQ). Otak kanan juga akan membuat seseorang lebih self motivated, supel, cerdas secara emosi, dan awet muda.
Menurut Thomas Friedman, penulis yang mendapatkan Penghargaan Pulitzer, jika anda ingin mengasah otak kanan, maka lakukanlah sesuatu yang anda cintai. Golongan kanan melakukan sesuatu karena panggilan jiwa, bukan panggilan kerja. Ia bekerja dengan sepenuh hati, bukan sepenuh gaji.
Tanpa otak kanan, seseorang hanyalah seonggok profesor komputer. Untuk diketahui, 15-20 persen penduduk bumi yang termasuk golongan kanan. Lalu sisanya kurang lebih 80 persen termasuk golongan kiri ? Anda tentu bisa menjawabnya.
Pada waktu terjaga, otak kiri manusia lebih aktif bekerja. Sementara saat tidur, otak kananlah yang lebih aktif bekerja. Kedua belah otak ini, akan selalu bekerja dukung mendukung.
Sementara karakteristik berbisnis dengan otak kanan, tidak menjadikan modal uang segala-galanya. Kekuatannya berada pada keberanian untuk memulai, tanpa harus takut dengan resiko yang akan menghadang.
Berikutnya, berani memulai usaha. Ia akan langsung memulai usaha, tanpa harus memikirkan akan apa yang terjadi kemudian. Resiko pasti ada, namun itu tantangan yang harus ditakhlukkan.
Masih banyak lagi yang diungkap penulis akan kehebatan otak kanan. Plus penulis menyisipkan para pengusaha dengan aliran otak kanan. Pembaca sudah pasti sudah akrab dengan nama-nama mereka.
Jadi buku ini, akan menjadi langkah awal bagi yang ingin berusaha dengan mengandalkan otak kanan. Bukan mustahil, andalah pengusaha beraliran otak kanan berikutnya. Peresensi : Hendri Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: