Oleh: hendrinova | Juni 10, 2012

Meneladani Semangat Jepang

<!–[if !mso]>st1\:*{behavior:url(#ieooui) } <![endif]–>

Judul: Ganbatte
Penulis : A.A. Azhari
Penerbit : PT.Grafindo Media Pratama
Cetakan : Pertama, Juni 2011
Tebal : 238 Halaman
Jepang memang layak dijadikan teladan dalam usaha menggapai keberhasilan dengan sumber daya yang terbatas. Bahkan kondisi alam yang selalu digoyang gempa, tidak membuat mereka hengkang dari negaranya.
Mereka terus bangkit dari keterpurukan dengan semangat ‘Ganbatte Kudasai’ yang membuat mereka tidak berhenti berjuang sampai cita-cita bisa diraih, impian terwujud, dan tujuan tercapai.
Semangat motivasi ini pula yang membuat mereka punya nyali menaklukan dunia, sehingga Indonesia pernah berada di bawah kekuasaannya. Amerika sendiri yang pernah perang dengan mereka, kini takluk dengan perang ekonomi yang dilancarkan Jepang.
Industri otomotif mereka merajai dunia, baik motor maupun mobil. Hampir di semua negara, nama-nama kendaraan Jepang berlalu lalang. Mereka mampu menciptakan produk murah berkualitas, mengalahkan produk Amerika.
Ganbatte yang artinya lalukan sebaik mungkin, jangan menyerah atau berikan usaha terbaik. Ganbatte kudasai! sering dikatakan orang Jepang jika mau berpisah atau saat tengah mengerjakan sesuatu. Ganbatte sendiri berasal dari kata ganbaru. Dalam pergaulan sehari-hari khususnya pada teman dekat, banyak diucapkan ganbare.
Filosofi ganbatte sangat dahsyat. Ia sudah turun temurun sejak ratusan tahun silam. Ganbaru sendiri berarti berusaha keras pada tugas sampai tugas itu selesai. Dengan kata lain, berusaha keraslah hingga mencapai sukses.
Sejak kecil, anak-anak di Jepang sudah diajarkan filosofi ganbaru. Kalau mengikuti lomba, mereka saling berkata ‘ganbaru;. Begitu juga mau ujian, mereka juga berkata ganbaru. Hampir seluruh lini kehidupan mempopulerkan kata ganbaru, agar semua berjalan sesuai target yang direncanakan.
Buku berjudul “Ganbatte” ini, layak anda baca dan simak semangat perubahan di dalamnya. Mudah-mudahan saja semangat bangsa Jepang dalam meraih cita-cita ikut menular pula.
Tidak tertutup kemungkinan semangat kejayaan dalam diri bangsa Jepang akan ikut menular. Jepang hingga saat ini telah menjelma menjadi raksasa Asia bahkan dunia. Perekonomian mereka maju pesat bahkan bisa mengalahkan Amerika.
Setiap kali dihadang bencana, Jepang terus bangkit dan begitu seterusnya. Kebocoran reaktor nuklir juga tak membuat mereka berdiam diri dan meninggalkan nuklir, sampai sekarang mereka masih menggunakan nuklit sebagai sumber energi utama. Hendri Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: