Oleh: hendrinova | Juni 10, 2012

Kepelet Arjuna Beristri

<!–[if !mso]>st1\:*{behavior:url(#ieooui) } <![endif]–>
Judul: Arjuna Ngangkut Beras

Penulis : Om Sutanto
Penerbit : Laksana
Cetakan : Pertama, Januari 2012
Tebal : 310 Halaman
Kalau mau ketawa sendiri, maka novel lucu :Arjuna Ngangkut Beras ini patut jadi bacaan wajib. Kadang nyeleneh, asal tubruk, bahkan tak ada korelasinya.
Pelaku dalam cerita bahkan susah diwujudkan dalam sosok nyata, kecuali kalau sudah di make up sedemikian rupa. Jadi pembaca dipaksakan berhayal sesosok manusia unik, dengan segala kekurangan dan kelebihannya.
Novel ini menceritakan kisah empat perempuan super unik di lingkungannya. Hubungan keempatnya terjalin karena dipertemukan nasib buruk. Mereka di lingkungan sering dikucilkan, sehingga mencari teman yang senasib.
Salah seorang tokoh bernama Markuntili, yang akrab dipanggil Kuntil, plesetan dari kuntilanak. Sewaktu kecil suka tidur sama kambing, sehingga dikira banyak orang telah diperawani kambing. Hebohnya, orang tua Kuntil malah percaya.
Di sekolah, ia tidak dapat teman akrab, karena ngomongnya susah nyambung. Kecuali dengan Laule yang rada-rada kurang respek pada candaan. Jadinya Kuntil capek-capek bercanda, Laulenya malah tenang-tenang saja. Kesel ngak tuh… tapi sikap itulah yang menyebabkan keduanya jadi sahabat karib dan ngekos satu kamar.
Laule sendiri lagi kepincut sama mantan kuli panggul beras yang kini kemana-mana selalu membawa monyet. Walau sudah beristri, Samin tetap bisa menjerat hati Laule. Kini Samin minggat dari rumah istrinya, dan Laule ingin sekali bertemu dengannya.
Bersama dengan Yasmini yang mulutnya bau mulu dan Cuk adik Kuntil, mereka menyusun strategi untuk mencari keberadaan Samin. Setelah bakul jamu mereka kosong laris manis, mereka langsung mencari keberadaan Samin di desa sebelah.
Malang bagi keduanya, karena seekor anjing galak mengejar. Paling parah Yasmini yang jatuh berdebuk. Karena jatuhnya itu, anjing herder yang mengejarnya jadi kabur.
Singkat cerita, Laule akhirnya memutuskan hubungan dengan Samin, karena tidak mau menjadi penyebab cerai. Samin sendiri yang mencuri uang Laule untuk membeli springbed, akur kembali dengan istrinya.
Rupanya Samin bertengkar gara-gara ia impotensi dini. Berkat air comberan yang di bakul Laule, ia malah sembuh. Ajaib memang.
Novel ini memang rada-rada porno candaannya. Meski begitu tetap dalam batas wajar, keran tidak terlalu parah. Banyak juga masalah sosial yang coba disindir dan dibawa lucu oleh penulis Om Sutanto.
Membaca buku ini dijamin bakal ketawa dan senyum-senyum sendiri. Humor-humor nakal yang dituliskan penulis, menjadikan novel ini tak bosan disimak sampai habis.
Jadi kalau lagi-lagi stres atawa suntuk, baca saja novel ini. Insya Allah jadi ketawa sendiri. Sudah pasti ini obat yang lumayan mujarab untuk penyembuhan. Perensensi ; Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: