Oleh: hendrinova | Juni 10, 2012

Kembali Langsing Setelah Bongkar Mesin

Momok bagi wanita setelah melahirkan, terkait dengan ketakutan nanti gemuk. Padahal tidak usah stres-stres amat, kalau tau trik untuk menyikapinya.

Memang satu hal yang wajar jika setelah bongkar mesih alias melahirkan, berat badan seorang wanita bertambah beberapa kilogram. Tentu bukan suatu hal yang mudah, untuk kembali ke berat badan sebelum hamil dan melahirkan.

Sudah dibuktikan para peneliti seperti dikutip tipskesehatan.web.id, bahwa penyebab utama kenaikan berat badan perempuan adalah kehamilan. Selama dua dekade terakhir penelitian ini dilakukan. Tetapi bukan berarti seorang perempuan hanya bisa gemuk dengan kehamilan saja, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhinnya.

Usai melahirkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti dilansir timeofindia. Pertama, menyusui. Selain baik untuk bayi, menyusui juga membantu ibu baru menurunkan berat badan. Dokter meyakini bahwa menyusui membakar sekitar 500 kalori sehari. Jadi jangan malas menyusui bayi ya…!

Kedua, banyak-banyaklah minum air putih. Minumlah paling sedikit 10 sampai 12 gelas air sehari. Apabila warna urine Anda kuning, berartianda terkena dehidrasi. Minum air putih dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan akan membantu menyegarkan tubuh.

Ketiga, makanan seimbang. Ibu yang baru melahirkan dilarang melakukan diet, jadi apapun yang dimakan adalah makanan sehat. Makanlah makanan yang seimbang seperti buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, ikan dan produk susu rendah lemak.

Keempat, berolahraga. Sementara hentikan dulu aktivitas pergi bergabung ke gym, tapi berolahragalah bersama bayi anda. Untuk membantu membakar lemak, cukup dengan mengajak bayi berjalan-jalan di kereta dorong atau mengendongnya di ransel bayi

Kelima, makanlah hanya ketika lapar. Hanya karena ingin cepat menurunkan angka di timbangan, jangan sampai Anda melewatkan makan. Ingat bayi harus mendapatkan nutrisi dari Anda karena Anda sedang menyusui. Makan dalam jumlah kalori yang masuk akal untuk setiap makanan dan rencanakan makanan Anda.

Keenam, bergabunglah dengan kelas latihan postnatal. Cara ini adalah cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan. Anda juga akan banyak berinteraksi dan sharing dengan ibu-ibu lain. Apabila Anda masih menyusui, cobalah berolahraga sebentar setelah Anda memberi makan bayi.

Nah… selamat mencoba, moga kondisi berat badan bisa kembali ke posisi semula. Kalau kembali singset, sudah pasti suami bakal kagum dan makin mencintai anda. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: