Oleh: hendrinova | Juni 10, 2012

Deteksi Vitiligo dari Warna Mata

Hati-hati jika kulit sudah menunjukkan pertanda kehilangan warna. Siapa tahu anda menderita vitiligo yakni penyakit autoimun dimana kulit kehilangan pigmennya.

Sebagai deteksi awal, penyakit ini bisa diketahui dari warna bola mata. Sebagaimana dirilis herbalunggul.com, penelitian terbaru menunjukkan bahwa warna bola mata dapat memprediksi risiko vitiligo.

Menurut Richard Spritz, MD, dari Human Medical Genetics and Genomics Program di CU School of Medicine, seperti dilansir Healthday, vitiligo merupakan penyakit autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel pigmen normal.

Mereka yang menderita vitiligo memiliki risiko lebih besar untuk penyakit autoimun lainnya, seperti penyakit tiroid dan diabetes tipe 1. Penelitian terhadap 3.000 orang dengan vitiligo non-Hispanik/Latin Amerika keturunan Eropa, menemukan bahwa orang dengan bola mata biru, cenderung tidak memiliki vitiligo.

Para peneliti juga mengidentifikasi 13 gen baru yang dapat memengaruhi seseorang berada pada kondisi tersebut. Diantara pasien dengan vitiligo, sekitar 27 persen memiliki bola mata berwarna biru atau abu-abu, sedangkan 43 persen memiliki mata coklat dan 30 persen memiliki bola mata hijau.

Meskipun penelitian ini memfokuskan pada vitiligo, para peneliti juga menemukan temuan lain. Bagaimana warna bola mata juga membantu memprediksi risiko orang untuk melanoma. Orang dengan bola mata coklat memiliki risiko lebih rendah terkena melanoma.

Secara genetik, dalam beberapa hal yang membuat vitiligo dan melanoma berlawanan. Beberapa variasi genetik membuat seseorang berisiko terkena vitiligo dan orang lain cenderung tidak mudah terkena melanoma, begitu juga sebaliknya.

Vitiligo mewakili aktivitas berlebihan dari proses normal. Dimana salah satu sistem kekebalan tubuh mencari dan menghancurkan sel perkembangan awal dari sel kanker melanoma.

Meski begitu, apapun warna mata hendaknya disyukuri saja. Dunia ini memang harus ada positif dan negatif, agar berjalan seimbang. Cara terbaik, tentu dengan berupaya menyelamatkan diri dari serangan penyakit tersebut. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: