Oleh: hendrinova | Mei 20, 2012

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Gambar

Mau Beli Sepeda Motor Injeksi Irit ? Sudahlah, Jangan yang lain… Honda Saja!

Oleh Hendri Nova

Genderang perang untuk meraih predikat sepeda motor injeksi irit terbaik, terus ditabuh. Siapa yang bisa membuktikan diri sebagai sepeda motor injeksi terbaik, maka dialah yang akan menjadi juara.

Walau begitu, merek tetap memegang peranan dalam meraih kepercayaan konsumen. Itulah yang dimanfaatkan secantik mungkin oleh Honda, sebagai produsen yang sangat dekat dengan lidah konsumen.

Sampai saat ini, jika menyebut sepeda motor, sebagian besar masyarakat masih menyebut Honda. Walaupun tadi ia naik sepeda motor yang bukan merek Honda, ia tetap bangga telah mengendarai Honda.

Nah, dalam persaingan untuk kategori injeksi, maka Honda dengan sangat cantik dapat memanfaatkan nama besarnya untuk meraih kepercayaan konsumen. Setidaknya konsumen langsung tenang, karena telah yakin suku cadang sepeda motor injeksi yang dikeluarkan Honda, telah tersebar di seluruh Indonesia.

Jadi kalau motornya rusak, tidak usah menunggu lama. Diperbaiki di bengkel terdekat pun, suku cadangnya sudah tersedia. Suku cadang, memang jadi pertimbangan besar konsumen, untuk membeli segala sesuatu yang berbau mesin.

Apa itu Sepeda Motor Injeksi ?

Di kalangan masyarakat Indonesia, kata-kata injeksi masih terdengar baru. Maklum saja, tidak semua masyarakat melek internet, untuk mencari tahu seluk beluk injeksi.

Di situs id.wikipedia.org didapat pengertian atau defenisi Injeksi bahan bakar. Ia merupakan sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam, untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.

Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin, bila dibandingkan dengan penggunaan karburator. Injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.

Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal namun sekitar 1980 mulai banyak menggunakan sistem elektronik.

Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.

Tujuan utama pemakaian sistem injeksi sangatlah beragam. Beberapa tujuan pemakaian untuk motor antara lain untuk efisiensi bahan bakar, performa, kemampuan untuk memakai bahan bakar alternatif, daya tahan, biaya awal, biaya perawatan, kemampuan untuk didiagnosa, kemampuan dioperasikan di mana saja dan tuning mesin.

Keuntungan yang didapat pengemudi dari adanya mesin berteknologi injeksi, kendaraan menjadi lebih halus dan lebih respon mesin yang lebih bisa diandalkan karena adanya transisi throttle yang cepat. Kendaraan menyala lebih mudah, lebih tahan terhadap suhu ekstrem, meningkatkan interval perawatan kendaraan, dan meningkatkan efisiensi. Lebih jauh, mesin dengan injeksi tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu seperti pada mesin karburator.

Rasio antara bensin dengan udara di dalam mesin pasti akurat karena semuanya dikontrol untuk mendapatkan performa mesin terbaik, emisi, dan efisiensi. Banyak sistem injeksi bahan bakar modern yang sangat akurat, mereka menggunakan PID controller-kontrol yang didasarkan pada signal balik dari sensor oksigen, sebuah sensor mass airflow (MAF) atau manifold absolute pressure (MAP), sebuah sensor posisi throttle, dan minimal satu sensor di crankshaft atau camshaft untuk memonitor putaran mesin.

Sistem injeksi bahan bakar dapat bekerja dengan cepat terhadap perubahan posisi throttle dan mengontrol jumlah bahan bakar yang dimasukkan sesuai dengan kemauan mesin. Selain itu juga sesuai dengan kebutuhan (misalnya engine load, suhu udara, temperatur mesin, level oktan bahan bakar, dan tekanan atmosfer.

Bagian utama dari sebuah sistem injeksi elektronik (EFI) adalah Unit Kontrol Mesin (Engine Control Unit/ECU), yang akan memonitor kegiatan mesin melalui berbagai sensor. Sensor-sensor ini akan dipergunakan oleh ECU untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diinjeksikan dan mengontrol mesin dengan cara memanipulasi jumlah air dan udara yang masuk.

Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan tergantung dari beberapa faktor seperti suhu mesin, kecepatan rotasi mesin, dan komposisi gas buang. Injektor bahan bakar ini biasanya tertutup, dan terbuka untuk menginjeksikan bahan bakar ketika ada listrik yang mengalir di gulungan solenoid.

Keunggulan Sepeda Motor Injeksi

Keuntungan memakai sepeda motor injeksi merek Honda, banyak sekali. Sebagaimana dirilis www.welovehonda.com , sepeda motor injeksi mereka Honda lebih ramah lingkungan. Perpaduan antara kecerdasan sensor O2 dan catalytic converter dalam teknologi PGM-FI untuk mengendalikan kadar gas buang, mampu menekan emisi hingga 90%, sesuai dengan standar regulasi EURO 3. Mampu menekan Emisi hingga 90%, sehingga menjaga udara tetap bersih.

Selain itu, juga lebih irit bahan bakar. Caranya yakni dengan mengendalikan komposisi optimal antara pasokan bahan bakar dan oksigen, untuk menghasilkan pembakaran yang lebih efisien hingga 17%.

Selanjutnya, lebih bertenaga. Pengaturan kinerja mesin yang telah terprogram pada setiap putaran mesin akan memberikan akselerasi yang lebih responsif. Teknologi serupa yang juga diaplikasikan pada motor juara MotoGP, kini ada di sepeda motor Honda.

Berikutnya, lebih mudah saat hendak menghidupkan mesin. Kecanggihan teknologi PGM-FI membuat mesin lebih mudah dihidupkan dalam segala kondisi suhu udara, ketinggian dari permukaan laut dan bahkan setelah lama tidak dihidupkan sekalipun.

Sepeda motor injeksi merek Honda lebih mudah dalam perawatan. Sistem kendali elektronik dalam PGM-FI didukung oleh MIL (Malfuction Indicator Lamp), untuk mengidentifikasi gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu, sehingga membantu perawatan menjadi lebih mudah. Perawatan optimal dapat dilakukan di Bengkel Resmi Honda seluruh Indonesia.

Keunggulan lainnya, sudah pasti aman dengan premium yang tentunya mudah didapat di seluruh SPBU di Indonesia. Dan tidak kalah heboh, garansi diberikan pihak Honda, berupa garansi komponen PGM-FI selama 5 tahun atau 50.000 km (mana yang tercapai lebih dulu). Garansi hanya untuk Spacy Helm In PGM-FI dan Supra X Helm In PGM-FI, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Beda Motor Injeksi dengan Karburator

Menurut Dion, salah satu mekanik dari Mega Motor di kawasan Warung Buncit, Jakarta seperti dirilis oto.detik.com, pembakaran pada mesin sangat tergantung pada suplai bahan bakar dan udara.

Suplai bahan bakar dan udara berasal dari karburator atau sistem injeksi. Jadi tugas karburator atau injeksi adalah mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian menyalurkannya kedalam ruang bakar.

Bedanya hanya pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. Injeksi, sudah menggunakan peranti elektronik seperti injektor, yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar. Tidak seperti karburator yang masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder.

Menariknya lagi, sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga didapat hasil pembakaran yang efisien. Pada motor injeksi, bensin yang disemprot selalu akurat, karena dikontrol oleh sensor elektronik di mesin. Bahasa kerennya ECU. Seperti sensor RPM, jumlah udara masuk, posisi katup gas, hingga kondisi cuaca. Jadi jauh lebih efisien.

Sedangkan karburator, bensin disedot dengan pergerakan naik-turun piston, jadi berapa volume bensin yang dikeluarkan, tergantung dari pergerakan piston tersebut.

Setingan banyaknya bensin dan udara yang menuju ruang bakar tergantung dari diameter lubang karburator, besarnya pilot dan main jet, serta baut setelan angin dan bensin.

Sedangkan menurut Kadir, mekanik dari Jaya Sakti Motor Jakarta, karburator dengan injeksi sebenarnya hanya berbeda pada cara mengalirkan bensin ke ruang bakar. Kalau karburator masih manual, sementara injeksi, elektronik yang mengaturnya. Bensin tidak lagi hanya di alirkan, tapi disemprot dengan takaran yang diatur peranti elektronik tersebut.

Kedua mekanik tersebut bersepakat, kalau sebenarnya baik karburator maupun injeksi sama saja, bedanya hanya pada sistem penyaluran bensin ke ruang bakar. Manual atau elektronik. Karburator masih menggunakan buka-tutup skep, sementara sistem injeksi sudah menggunakan injektor secara elektronik.

Sistem injeksi jauh lebih sederhana, terutama saat melakukan servis. Cukup membuka saringan udara, kemudian dibersihkan. Sementara karburator, harus membongkar badan karbu untuk membersihkannya.

Kelebihan sistem injeksi, karena sudah peranti elektronik, maka volume bensin yang masuk ruang bakar sudah presisi, jadi lebih efisien dan ramah lingkungan, karena pembakaran selalu sempurna.

Jadi, konsumen yang ingin menggunakan motor dengan teknologi injeksi, jangan ragu. Justru dengan sistem injeksi, perawatan jadi sederhana, karena semua diatur perangkat elektronik, efisien, dan ramah lingkungan.

Di antara produsen sepeda motor, PT Astra Honda Motor (AHM) bisa dibilang paling siap ketimbang kompetitor lainnya perihal penggunaan teknologi PGM-FI atau fuel injection di seluruh produk sepeda motornya. AHM menargetkan pada akhir 2013 seluruh varian motor Honda sudah memakai teknologi ini. Target tersebut dicanangkan agar semua produk Honda sesuai dengan ketentuan Euro3 yang akan diterapkan di Indonesia mulai awal 2013 mendatang (otomotif.vivanews.com).

Menurut Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sigit Kumala, semua motor Honda yang akan diproduksi di masa yang akan datang sudah menggunakan teknologi PGM-FI (programmed fuel injection). Setiap produk Honda jadi ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Menurutnya, saat ini AHM sudah memiliki tujuh model sepeda motor yang sudah mengimplementasikan teknologi PGM-FI, yakni Honda CBR 250R, CBR 150R, PCX, Revo AT, Honda Supra X 125 PGM-FI, Honda Spacy Helm In PGM-FI dan Honda Supra X 125 Helm In PGM-FI.

AHM mengklaim bahwa semua motor yang telah dilengkapi teknologi PGM-FI ini, konsumsi bahan bakarnya akan jauh lebih irit 5 hingga 17 persen. Hal tersebut dikarenakan keakuratan teknologi PGM-FI dalam mengendalikan komposisi pasokan bahan bakar dan oksigen mampu menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.

Honda diyakini masih akan memimpin pasar di 2012. Sementara sejak Januari-November 2011 produsen motor berlambang sayap ini, berhasil menjual 3.994.127 unit. Motor jenis matik (Beat dan Vario) dan bebek  (Supra X dan Revo) masih menjadi penyumbang besar penjualan Honda.

Jadi kalau ingin membeli sepeda motor injeksi irit harga terbaik cuma Honda. Jangan ragu lagi, karena nama besar Honda bisa menjadi jaminan akan kualitas produk dan harga jual kembalinya. ***


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: