Oleh: hendrinova | April 24, 2012

Dr. Seuss’ The Lorax ; Pohon Asli Terakhir

Ted (Zac Efron) diam-diam menaruh hati pada Audrey (Taylor Swift), namun tak tahu cara mengungkapkannya. Ia pun mencari-cari cara agar bisa selalu bertemu dengan Audrey.

Satu hari, ia kembali bersandiwara dengan sengaja membuat barang miliknya masuk ke rumah Audrey. Saat Audrey keluar, ia sudah menebak kalau Ted hanya ingin bertemu dengannya.

Audrey dengan berani mengajak Ted masuk ke dalam rumah dan mulai membicarakan keinginannya untuk memiliki rumah pohon di pohon sebenarnya. Maklum Ted dan Audrey tinggal di komplek modern yang sekelilingnya ada tembok tinggi. Semua perabotan tak ada yang asli, termasuk pohon yang diganti dengan pohon imitasi.

Bagi Ted, keinginan Audrey satu tantangan yang harus diwujudkan. Dari neneknyalah ia mengetahui kalau di luar komplek ada pohon yang asli untuk mewujudkan keinginan si jantung hati.

Ted nekat mendekati pintu keluar komplek, agar bisa mendapatkan pohon yang asli. Kenekatan diketahui aparat pengelola komplek dan Ted dikategorikan warga berbahaya.

Ted yang sudah mencapai luar komplek, kini dihadapkan pada negeri yang gersang dan gelap. Ia kemudian menemukan seorang lelaki yang paling bertanggung jawab akan kerusakan lingkungan itu.

Dari lelaki yang tidak mau menampakan wajah itu, ia mendapat cerita yang miris. Rupanya lelaki itulah yang menjadi biang kehancuran karena sifat tamak yang ia miliki. Pengaruh orang sekitar, membuatnya berlaku kejam pada semua pohon.

Awal kedatangannya di hutan, ia langsung menebang pohon. Warga hutan marah, karena akan menimbulkan kemarahan The Lorax (Danny DeVito), makluk kecil mungil penjaga hutan.

Benar saja, di langit mendadak muncul cahaya dan bersamaan dengan itu The Lorax sampai di hutan. Lelaki itu akhirnya diputuskan penghuni hutan untuk disingkirkan.

saat ia tidur, penduduk hutan menariknya masuk sungai, ia akan dihanyutkan. Sayang satu ekor penduduk hutan ikut terbawa, dan ia akan jatuh ke dalam jurang yang besar.

The Lorax dan penduduk hutan brusaha sekuat tenaga, untuk mnyelamatkan keduanya. Usaha mereka berhasil, dan untuk sementara waktu mereka hidup damai. Lelaki itu berjanji tidak akan merusak hutan.

Hingga pada suatu saat, si lelaki mungkir pada janjinya, setelah kedatangan kekasih dan keluarganya. Hasil karyanya dari pohon hutan disukai dan banyak permintaan.

Tanpa perasaan, semua pohon dibabat dan The Lorax kembali ke langit. Sementara penghuni hutan, pergi mencari hutan yang lain. Lingkungan mereka sudah tercemar limbah.

Punahnya pohon, membuat daya tarik daerah itu habis. Kolega lelaki itu pergi meninggalkannya dalam kesendirian.  Ia sangat menyesal, namun semua serba terlambat. Ia pun memilih menyendiri sampai usia tua mendatanginya.

Lelaki itu kemudian memberikan satu biji coklat pada Ted, agar bisa mewujudkan impian wanita yang ia cintai. Ia menitipkan pesan agar pohon itu dirawat, agar bisa menghasilkan pohon-pohon yang lain.

Sewaktu Ted kembali ke komplek, ia dihadang agen-agen pemilik komplek. Untung nenek Ted dan kekasihnya membantu. Merekapun berhasil meyakinkan warga, akan pentingnya pohon untuk kehidupan.

Film animasi garapan Sutradara Chris Renaud, Kyle Balda memiliki ajaran yang bagus akan pentingnya menjaga pohon sebagai sumber kehidupan. Gambaran kerusakan lingkungan karena hancurnya pohon juga berhasil digambarkan dengan bagus.

Tentu sangat cocok ditonton dengan keluarga, sebagai pelajaran bagi semua. Meski ada adegan kising kebahagian dari sang kekasih, sepertinya tak terlalu mengganggu. hendri nova

Jenis : animasi
Pengisi Suara : Zac Efron, Taylor Swift and Danny DeVito
Sutradara : Chris Renaud, Kyle Balda


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: