Oleh: hendrinova | April 24, 2012

Asparagus, Multi Khasiat

Nama salah satu jenis sayuran ini, mungkin jarang terdengar di telinga masyarakat Minang kebanyakan. Kecuali yang sudah tinggal di kota, tentu sudah tak asing lagi. Tapi tak jarang juga orang kota yang tidak tahu dengan sayuran bernama asparagus ini.

Dikutip dari wisnuvegetarianorganic.wordpress.com, asparagus (asparagus officinalis) disebut sejenis sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan makanan di negara Barat. Ia sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi tubuh, terutama memperbaiki kinerja ginjal.

Asparagus yang sudah direbus atau dibikin jus, kaya akan kandungan gizi seperti vitamin C, vitamian E, vitamin B6, kalsium, mangenesium, seng, protein, vitamin A, vitamin K, tiamin, riboflsvin, rutin,niasin, dan zat besi. Selain itu, juga kaya akan fosfor, potassium, tembaga, mangan, dan selenium, serta kaya akan serat alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah, tidak mengandung lemak atau kolesterol, dan memiliki kandungan sodium yang sedikit. Jadi mantap juga buat diet.

Asparagus juga banyak terkandung asam folat yang dapat membantu agar cepat hamil. Selain itu, asam folat sangat berguna bagi ibu hamil dan janin, untuk melindungi cacat tabung saraf pada bayi. Terus mengkonsumsi asparagus setelah kelahiran juga akan memperlancar produksi air susu ibu ( ASI).

Siapa yang sering mengonsumsi asparagus, otomatis telah berupaya memperbaiki sistem kardiovaskuler dengan memperkuat fungsi hati. Selain itu, juga memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kapiler tubuh.

Asparagus juga berkhasiat mencegah penyakit radang sendi dan baik untuk penderita artritis. Ia mampu melindungi pecahnya pembuluh darah, mampu perbaiki kinerja ginjal dan usus, karena sifat diuretiknya ( mengeluarkan cairan yang tak berguna dari tubuh dalam bentuk air seni).

Dengan kata lain, efek diuretik akan membuat saluran urin menjadi lebih lancar dan mampu menghilangkan kristal ginjal. Namun jangan heran, bila setelah mengkonsumsi asparagus, urin agak sedikit berbau tajam seperti sehabis makan petai.

Khasiat asparagus lainnya, ia dapat mencegah kram selama menstruasi. Ia juga memiliki antioksidan, sehingga mencegah efek-efek penuaan dan membuat awet muda.

Khusus yang menikah, asparagus mampu menaikkan libido dan memberikan rasa nyaman. Selain itu juga dapat membantu dalam treatmen penyakit HIV, membantu mencegah multiple sclerosis, mencegah penyakit kudis, bagus untuk mata karena dapat mencegah katarak, dapat menutrisi rambut untuk mencegah rambut rontok.

Tentu tidak kalah hebat, asparagus  dapat menangkal kanker, khususnya kanker paru. Kandungan agen anti kanker didalamnya mampu menyusutkan tumor, dan meningkatkan produksi sel darah putih. Lebih hebat lagi berguna bagi penderita sakit gigi.

Bagi yang belum pernah makan sayuran ini, mungkin hanya bisa menemukannya di supermaket. Di pasar tradisional, sungguh sangat jarang tersedia. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: