Oleh: hendrinova | April 22, 2012

Pola Makan Salah Perusak Kesehatan

Judul: Kesalahan Kesalahan Pola Makan Pemicu Seabrek Penyakit Mematikan
Penulis : Ainun Hidayah
Penerbit : Buku Biru
Cetakan : Pertama, Desember 2011
Tebal :183 Halaman
Orang tua zaman dulu lumayan ketat dalam hal adat makan. Banyak sekali pantangan yang tidak boleh dilanggar anak-anaknya, agar apa yang mereka makan jadi berkah atau menjadi darah dan daging.
Walau mereka tidak bisa memberi alasan logis agar bisa diterima akal, mereka dari dulu telah mematuhi beberapa larangan dalam makan dan ditransfer ke generasi berikutnya secara turun temurun. Hasilnya, anak-anak yang lahir di zaman modern menjadikannya lelucon dan tak lagi mematuhi, karena bertentangan secara logika.
Salah satu larangan yang pernah diucapkan orang tua, terkait tidak boleh mandi setelah makan. Secara logika, mandi setelah makan tentu akan membuat gigi jadi lebih bersih tanpa sisa makanan. Anak sekarang malas harus gosok gigi lagi sesudah makan pagi atau sarapan pagi lainnya.
Baru sekarang diketahui apa alasan medis untuk itu. Rupanya, mandi setelah makan berakibat tidak baik bagi kesehatan. Mandi setelah makan akan menyebabkan volume darah pada permukaan tubuh meningkat dan volume aliran darah pada salurun usus dan lambung pun berkurang. Ini akan menyebabkan fungsi pencernaan memburuk.
Mandi setelah makan akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke tangan, kaki, dan tubuh. Akibatnya, jumlah aliran darah ke sekitar perut akan berkurang. Hal ini akan melemahkan system pencernaan dalam perut.
Secara alami kebenaran hal ini bisa dibuktikan. Sehabis makan bagian perut akan terasa hangat. Namun begitu langsung mandi apalagi dengan air dingin, akan terjadi pendinginan mendadak. Pemaksaan seperti itu akan menyebabkan kekejangan otot yang menyebab kram, terutama di bagian perut.
Kebiasaan mengendurkan ikat pinggang setelah makan juga bisa mengakibatkan usus turun,meski itu terasa melegakan. Kebiasaan ini juga akan membuat usus dan pencernaan menjadi tak teratur. Mulai sekarang, kebiasaan itu jangan pernah lagi dilakukan.
Kalau sudah terbiasa melakukan kesalahan dalam pola makan, maka akibatnya harus di tanggung sendiri. Beberapa penyakit ganas akan menimpa dan tentunya akan menuntut pengobatan dengan biaya besar. Penyakit yang akan menyerang bisa stroke, kolesterol, asam urat, darah tinggi, obesitas, mag, kanker, jantung, dan batu ginjal.
Buku berjudul “Kesalahan Kesalahan Pola Makan Pemicu Seabrek Penyakit Mematikan” ini bisa dijadikan pedoman hidup, dalam hal makan. Apalagi perut merupakan gudang penyakit. Kalau salah-salah memilih makanan dan minuman, akibatnya diri sendiri yang akan sengsara.
Sering makan dan minuman cepat saji, akan berakibat buruk bagi tubuh. Bagaimana pun minuman cepat saji menggunakan bumbu-bumbu atau bahan yang kurang sehat. Maka dari itu, hindarilah selagi bisa dan kalaupun mau memakannya juga, cukup sekali-sekali saja.
Buku ini layak anda jadikan prioritas utama dan diletakkan dalam daftar pustaka. Anak-anak dan keluarga lainnya, tentu juga bisa mendapat manfaat darinya. Buku ini bak tentara yang akan menjaga anda dari akibat buruk pola makan yang salah. Hendri Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: