Oleh: hendrinova | April 22, 2012

Aprikot Amankan Jantung

Buah aprikot memang rada-rada aneh kedengaran di telinga, khususnya bagi yang baru dengar pertama kali. Buah ini dalam bahasa latin disebut Plum Armenia. Nah apa pula itu? Tidak usah diambil pusing, rekam saja nama buah ini aprikot.

Memang rada-rada sulit menemukan buah ini di supermaket terkenal sekalipun di Kota Padang. Entah karena bukan buah terkenal dan mewah, makanya tak ada yang menjual. Jadilah buah ini sekedar pengetahuan saja untuk warga Padang.

Di id.wikipedia.org informasi mengenai buah ini juga sangat sedikit. Disebutkan asal tanaman ini sulit dipastikan karena sudah dibudayakan orang sejak zaman prasejarah. Kemungkinan besar berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, tapi mungkin juga berasal dari Korea atau Jepang.

Sebagaimana dirilis wisnuvegetarianorganic.wordpress.com buah dengan bentuk dan warna imut-imut ini bisa menjadi ‘obat’ panjang umur yang layak dicoba. Aprikot mengandung carotenoids. Kandungannya bahkan paling tinggi diantara buah-buahan lain.

Carotenoids merupakan antioksidan yang membantu pencegahan serangan jantung. Selain itu juga mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, dan melindungi badan dari kemungkinan penyakit kanker yang ganas.

Inti buah aprikot ada didalam bijinya. ini juga memiliki beberapa kegunaan  untuk menjaga kesehatan. Antara lain memperkuat sistem respirasi juga mengurangi batuk dan asma.

Dalam mengkonsumsi buah ini hendaknya berhati-hati. Soalnya, bagian ujung biji aprikot mengandung sejumlah konsetrat unsur kimia. Ia bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh.

Agar aman mengambil manfaat baik aprikot, makanlah dengan membuang bagian biji terlebih dahulu. Jangan makan lebih dari lima buah dalam satu hari.

Aprikot juga dapat digunakan sebagai pereda diare atau konstipasi. Hal itu disebabkan buah ini memiliki kandungan fiber yang cukup tinggi. Sementara didunia obat-obatan tradisional cina, aprikot punya peran lain. Buah ini dipercaya dapat membantu regenerasi cairan tubuh, detoksifikasi dan penawar dahaga yang manjur.

Sementara di xamherbal.com bersumber dari USDA Nutrient database disebutkan kandungan gizi aprikot mentah dengan nilai gizi per 100 g (3.5 oz). Energi 201 kJ (48 kcal), karbohidrat 11 g, gula 9 g, diet serat 2 g, lemak 0,4 g, protein 1,4 g, vitamin A equiv. 96 mg (11%), beta-karoten 1094 mg (10%), vitamin C 10 mg (17%), dan besi 0,4 mg (3%)

Sedangkan kandungan gizi aprikot kering dengan nilai gizi per 100 g (3.5 oz) terdapat energi 1.009 kJ (241 kcal). Selanjutnya juga ada karbohidrat 63 g, gula 53 g, diet serat 7 g, lemak 0,5 g, protein 3.4 g, vitamin A equiv. 180 mg (20%), beta-karoten 2163 mg (20%), vitamin C 1 mg (2%), dan besi 2,7 mg (22%).

Aprikot direkomendasikan bagi mereka yang menderita anemia, ginjal lithiasis, lithiasis empedu, kekurangan vitamin A, wanita hamil, orang tua, atau remaja. Jus aprikot juga digunakan dalam kosmetik karena dapat memcerahkan kulit.

Aprikot sangat membantu dalam memerangi bakteri, infeksi, dan kanker. Aprikot juga dapat merekonstruksi jaringan yang rusak atau sakit, mempertahankan penglihatan yang baik, dan membangun struktur tulang yang kuat. Buah aprikot sering digunakan sebagai pencahar alami.

Buah ini kaya akan vitamin B12. Vitamin ini penting karena menghancurkan sel-sel kanker, dan dapat mencegah perkembangan penyakit ini. Ia juga kaya protein, asam lemak, dan memiliki minyak empat puluh lima persen. Ini minyak dari inti dianggap sebagai benefic sebagai minyak almond adalah untuk tubuh.

Setelah diteliti, aprikot sangat baik untuk menstimulasi ginjal. Selain itu untuk mengurangi risiko infeksi saluran kemih, memiliki efek sebagai pencahar ringan, bagus untuk pencernaan, mengandung zat besi yang tinggi, efektif untuk masalah kulit, misalnya kulit terbakar dan eksim.

Ia juga bisa membantu pengaturan tekanan darah, menjaga kestabilan kadar gula darah tetap normal. Ia juga ampuh menurunkan kadar kolesterol, dan membantu mencegah serangan jantung

Aprikot juga telah dibuat jadi minyak. Ia biasanya digunakan sebagai minyak pijat aromaterapi atau karena memiliki efek menenangkan pada kulit dan bau yang menyenangkan.

Aprikot akan matang di dalam suhu ruangan. Untuk membuatnya cepat matang, letakkan aprikot di paper bag dengan sebuah apel. Untuk menjaganya dari kebusukan, simpan dalam lemari pendingin di plastic bag hingga dua hari. Cuci sebelum di makan dan aprikot ini sangat baik untuk dijadikan cemilan.

Nah kalau anda menemukan buah ini di kota lain di Indonesia, ada baiknya mencicipinya agar manfaatnya bisa didapat. Tentu terbetik harapan, agar buah ini juga dijual di Sumbar. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: