Oleh: hendrinova | Februari 1, 2012

Pentingnya jadi Dokter Keluarga


Judul Buku : Piawai jadi Dokter Anak Untuk Keluarga

Pengarang : Agiza Firdaus

Penerbit : DIVA Press

Cetakan : Pertama, Oktober 2011

Tebal buku : 146 halaman

Semua orangtua tentu akan cemas dan khawatir, saat mendapati buah hatinya sakit. Walau hanya panas sedikit akan menimbulkan kepanikan, apalagikalau diiringi step.

Rasa kasihan akan memuncak, kala tak tega melihat anak yang tersiksa karena sakit yang mereka alami. Kena batuk gatal saja misalnya, sang anak terpaksa muntah terus, karena tidak tahan.

Tentu menjadi sangat penting, jika orangtua mahir menangani penyakit anak-anaknya. Untuk itu, pengetahuan orangtua harus ditambah terus, agar bisa tenang menghadapi anak yang lagi sakit.

Minimal pengetahuan penyakit yang ia kuasai terkait cara mengobati flu, batuk, demam, kejang demam, DBD, radang tenggorokan,insfeksi telinga, diare, ruam popok dan lainnya. Jika ibu mengetahui gejala awalnya, maka pertolongan pertama tentu bisa dilakukan segera.

Flu saja misalnya, orangtua bisa membantu anaknya terserang fku dengan memberikannya cairan pengganti. Anak bisa diberikan air, buah, kuah sup, es krim atau minuman yang disukai lainnya.

Sementara kejang demam atau step terjadi kalau bayi atau balita mengalami demam tanpa infeksi sistem saraf pusat. Kejang terjadi mulai usia 6 bulan sampai anak berusia 5 tahun.Kejang juga disebabkan oleh faktor keturunan, karena kesamaan genetik.

Untuk mengatasi kejang demam, maka orangtua harus bersikap setenang mungkin dalamm menenangkan sang anak. Baringkan anak dengan posisi datar menyamping. Tindakan ini untuk menghindari anak tersedak nantinya. Kalau kejang berlanjut sampai 10 menit, segera anak dibawa ke dokter.

Masih banyak lagi tips-tips menghadapi anak yang sakit, dengan cara alami memanfaatkan apa yang ada di lingkungan. Para orangtua harus membacanya, sehingga bisa mencegah datangnya penyakit bagi buah hati.

Kalau anda makin mahir menangani si kecil yang sakit, maka anda tidak perlu repot-repot ke rumah sakit dan itu berati penghematan. Apalagi kalau ditangani sendiri, tingkat kebersihan akan terjamin dan sekaligus merasakan ketenangan.

Pencegahan dini lebih bisa dilakukan jauh-jauh hari, sehingga tidak membuat anak sakit lagi.

Yakinlah, jadi dokter keluarga, akan membuat anda lebih berarti bagi sianak. Mereka akan merasa nyaman, dan menganggap anda pahlwan bagi kesehatan mereka. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: