Oleh: hendrinova | Februari 1, 2012

Cara Kilat Selesaikan Skripsi

Skripsi bagi sebagian mahasiswa, menjadi momok paling menakutkan setelah semua mata kuliah selesai didapatkan nilainya. Tak sedikit yang akhirnya DO karena tersangkut masalah skripsi ataupun tugas akhir.

Masalahnya pun beragam, mulai dari ketidakmampuan membuat skripsi sampai pada dosen pembimbing yang menyebalkan. Ada juga kasus penggantian pembimbing di tengah jalan sehingga membuat si mahasiswa malas membuat ulang. Skripsi memang sering jadi batu sandungan untuk mendapatkan gelar sarjana.

Tapi bagi sebagian mahasiswa lainnya, skripsi bukanlah halangan berarti. Mereka sudah menyiapkan segala sesuatunya, sehingga untuk menyelesaikan skripsi tidak memerlukan waktu lama.

Mahasiswa yang terampil membuat skripsi ini, seyogianya dijadikan teladan rekannya untuk bisa berbuat yang sama. Tentu tidak sulit, jika mau mengerjakannya, dengan berbagai tips dan trik yang akan memudahkan.

Bagi anda yang sedang menulis skripsi, maka buku berjudul ‘Libas Skripsi dalam 30 Hari’ ini patut anda miliki. Soalnya, kajian yang diberikan terstruktur, terkait rangkaian proses yang harus dilakukan agar target tersebut tercapai.

Untuk 10 hari pertama, bersiaplan menulis proposal sampai akhirnya selesai seminar proposal. Lanjutkan 10 hari kedua konsentrasilah dengan pengolahan data dan analisis data. Terakhir sisa 110 hari lagi, isi dengan penulisan dan bimbingan.

Kalau serius dan disiplin mengerjakannya, target 30 hari bukan satu hal mustahil untuk bisa dicapai. Intinya berusaha dengan sungguh-sungguh, teriring niat untuk segera diwisuda dan berkarya bagi Negara.

Jika sudah lulus skripsi, jangan berhenti sampai disitu saja. Segeralah menjadikan skripsi tersebut menjadi buku pertama anda dengan hasil monumental. Langkah pertama, lakukan perubahan judul dan lanjutkan dengan penyuntingan naskah.

Lakukan editing terhadap kesalahan baca, EYD dan lainnya dan segera akhiri dengan hasil yang bagus. Lanjutkan dengan menyerahkan naskah tersebut pada penerbit, agar mereka bisa menjadikannya buku yang akan memberi manfaat banyak bagi masyarakat.

Buku ini sebenarnya tak hanya berisi kiat cepat 30 hari. Tapi juga pembahasan mengenai tesis dan bahasan terkait lainnya. Pembaca juga dikenalkan pada strategi menemukan judul skripsi dan tesis dan teknis penulisannya.

Satu yang lebih berharga, berupa bimbingan mendapatkan judul skripsi dan tesis berkarakter karya monumental. Langkah pertama, pilihlah mata kuliah yang disenangi dan dikuasai. Ambil kasus teraktual saat itu yang sinkron dengan judul.

Perburuan harus dilanjutkan dengan membaca buku-buku terbaik dan berkaitan. Jelajahi pustaka, untuk memburu buku lainnya. Makin banyal literature yg digunakan, maka makin diseganilah skripsi tersebut.. carilah ide kreatif sehingga menjadi karya tak terlupakan.

Jadi pastikan judul skripsi tersebut actual dan mengundang rasa penasaran. Hanya dengan itu, maka halangan untuk wisuda bisa terkalahkan. Anda tentu bisa bernafas lega, begitu toga berada di kepala. Untuk segala daya dan biaya yang dikeluarkan, kini jadi impas sudah.

Jadi, memiliki buku ini berarti menyimpan penggalan ilmu yang sangat berharga. Pastikan ia ada dalam daftar buku pustaka mungil keluarga, agar manfaatnya bisa terbagi. Mereka tentu akan mendapatkan manfaat pula dari ilmu yang mereka baca. Hendri Nova

Judul: Libas Skripsi dalam 30 Hari

Penulis : Suyadi, M.Pd.I

Penerbit : DIVA Press

Cetakan : Pertama, oktober 2011

Tebal : 272 Halaman


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: