Oleh: hendrinova | Februari 1, 2012

Belajar pada Fuqaha dan Khulafa


Judul Buku : Kecerdasan Fuqaha & Kecerdikan Khulafa

Pengarang : Syaikh Muhammad Khubairi

Penerbit : Pustaka Al-Kautsar

Cetakan : Pertama, September 2011

Tebal buku : xix + 252 halaman

Fuqaha atau pakar fiqih sudah pasti orang-orang pintar dan cerdas. Jika tidak begitu, maka mereka tak akan bisa menjadi tempat bertanya umat yang ragu-ragu akan masalah agama,

Akal brilian mereka, mampu memberikan pemahaman akan Islam, meski di zaman Rasulullah SAW tidak ditemukan masalahnya. Mereka berijtihad menentukan suatu hukum fiqih, agar ada tuntunan yang jelas bagi umat.

Sementara khulafa atau khalifah, juga sudah pasti orang-orang cerdik di zamannya. Berkat kecerdikannya, mereka bisa memerintah rakyat dengan adil, memimpin perang dan sebagainya.

Sangat banyak para fuqaha dan khulafa yang dicatat sejarah, memiliki pikiran dan keputusan yang cemerlang. Sejarah tentu mencatat jawaban cerdas yang pernah diberikan Harun Ar-Rasyid dengan batang rotan dan kisah-kisah lainnya.

Bagi pembaca yang ingin memiliki nasehat-nasehat bernas mereka, bisa dilihat dalam buku yang berjudul Kecerdasan Fuqaha & Kecerdikan Khulafa. Pembaca akan dibuat kagum, dengan kecerdasan yang dimiliki Sayyidina Ali bin Thalib.

Ali memiliki keputusan hukum yang hebat, sehingga sahabat seperti Umar rajin bertanya kepadanya. Ilmunya sangat luas, sehingga kadang bisa menyelamatkan nyawa manusia dari hukuman mati.

Ali mendapat gelar sebagai gudang ilmu, karena luasnya pengetahuan yang ia miliki. Bahkan Rasulullah SAW melukiskan Ali melalaui hadisnya ‘ Aku adalah kota ilmu, Ali pintunya. Siapa saja yang menginginkan ilmu, hendaklah memasuki pintunya.

Tentu tidak hanya eksplorasi kepintaran Ali saja, sahabat lainnya juga ada seperti Umar Bin Khattab, Ibnu Abbas dan masih banyak ulama lainnya. Banyak intisari yang bisa diperoleh, untuk dijadikan pedoman hidup tentunya.

Sementara dari kalangan para ulama, ada Ibnu Sirin, Al Laits bin Sa’ad dan Harun Ar Rasyad, Thawus Al-Yamani, Salim bin Abdillah bin Amir dan masih banyak lagi. Beragam kecerdikan lainnya, bisa disimak pembaca dalam buku ini.

Sudah pasti pula, buku ini bisa dibacakan pada anak-anak menjelang tidur mereka. Mudah-mudahan saja kecerdikan, kecerdasan para ulama bisa masuk ke dalam otaknya, sehingga menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: