Oleh: hendrinova | Januari 6, 2012

Kacang Kedelai ; Punya Khasiat Besar

Kacang kedelai lebih dikenal orang Minang sebagai kacang ramang. Setelah dipanen, diikat kecil-kecil, lalu direbus dengan garam dan langsung dimakan setelah matang.

Namun tentu berbeda dengan masyarakat Jawa yang mengolahnya jadi tempe atau menjadi susu bubuk kedelai. Makanan dari tahu juga dibuat dari kedelai, begitu pula dengan kecap.

Pamor kedelai makin naik daun, setelah beragam penelitian memperlihatkan hasil mengembirakan. Kandungan protein dari kacang kedelai seperti dirilis melindahospital.com rupanya 11 kali lebih banyak dari pada susu, dua kali lebih banyak dari daging dan ikan, satu setengah kali lebih banyak dari keju.

Proteinnya sangat bermanfaat bagi tubuh dalam hal pembangunan sel-sel, misalnya untuk anak-anak, protein berperan untuk perkembangan tubuh dan sel otaknya. Sementara untuk orang dewasa dapat membangun kembali sel yang rusak bisa akibat luka, memar, dan sebagainya.

Dari sekian banyak zat yang ada dalam kedelai, lecithin termasuk paling berharga. Lecitin merupakan salah satu komponen yang berfungsi dalam pembuatan dan aktivitas berbagai hormon dalam tubuh, seperti Hormon Adrenalin, Hormon Tiroid, dan hormon seks.

Lecithin juga merupakan sumber Choline, di mana tanpa Choline, metabolisme tubuh akan terganggu karena lemak akan terperangkap di hati. Choline ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan, memperbaiki otak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan dan memperbaiki fungsi hati, jantung dan alat reproduksi.

Lecithin dalam kacang kedelai juga merupakan sumber Inositol atau komponen struktural dari Phospholipids yang ditemukan pada seluruh sel-sel tubuh. Kekurangan Inositol akan berdampak buruk pada penderita Diabetes, karena jika kekurangan sel Inositol, akan mengakibatkan penurunan fungsi sehingga terjadi komplikasi pada penderita Diabetes.

Kandungan Lecithinnya memperkaya khasiat kacang kedelai. Antaranya sebagai antioksidan, menjaga tubuh dari radikal bebas. Dengan mengkonsumsi secara rutin, akan meningkatkan imunitas dalam tubuh. Menanggulangi kolesterol.

Kedelai juga mampu mengatasi batu empedu. Melindungi Kardiovaskuler atau membantu melarutkan sel busa yang menempel serta menyumbat arteri koroner sehingga jantung dapat bekerja normal kembali.

Khasiat lainnya berupa kemampuannya melawan kanker dan juga Mengatasi Diabetes. Kandungan Lecithin yang bermanfaat sebagai antioksidan akan mampu menjaga sel-sel pada Pankreas untuk tidak mengalami kerusakan akibat oksidasi. Dan mampu meregenerasi sel-sel yang rusak lalu dengan cepat sehingga pankreas akan berfungsi baik kembali dan insulin mampu diproduksi secara maksimal.

Rajin makan kedelai, mampu mengobati gagal ginjal, melawan impotensi dan lemah syahwat. Kandungan Alfa Karoten, Alfa Tekoferol, Alfa Tokotrienol, Beta Tokotreinol, dan Beta Karoten pada lecithin kacang kedelai, merupakan anti oksidan yang bisa diharapkan untuk melawan radikal bebas pada penderita HIV dan AIDS.

Selain itu juga dapat membangun kecerdasan dan daya ingat. Kandungan asam linolenat, asam linoleat, dan asam oleat pada Lecithin kacang kedelai sangat dibutuhkan seorang anak guna perkembangannya, agar sehat, cerdas dan pintar.

Lecithin kacang kedelai memiliki kandungan Molibdenum yang berfungi sebagai penawar racun alkohol dan obat-obatan. Lecithin juga membantu dalam meregenerasi dan mempertahankan kehidupan sel otak yang rusak oleh minuman keras, narkoba atau karena stres, depresi, dan gangguan mental.

Sebagai obat awet muda, kepikunan dan panjang umur. Dengan mengkonsumsi secara rutin, dapat membuat kulit lebih halus, kuning terang dan bercahaya, kulit tubuh tampak lebih indah dan cantik.

Selanjutnya mampu menanggulangi kebotakan. Lecithin pada kacang kedelai mampu memperbaiki Colinergik pada arteri dan vena rambut serta kulit sehingga peredaran darah menjadi lancar. Folikel rambut yang mengerut pun menjadi normal kembali dan aktif. Nutrisi yang terkandung pada Lecithin juga berkhasiat mencerahkan rambut dan mencegah rambut bercabang.

Nah, jangan malas lagi makan tempe ataupun tahu, karena khasiatnya sangatlah banyak. Minimal satu kali seminggu, makanlah tempe atau tahu, agar segala kebaikan kedelai bisa diambil. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: