Oleh: hendrinova | Desember 30, 2011

Lebih Dekat dengan Jengis Khan


Judul : Jengis Khan
Pengaramg : Najamuddin Muhammad
Penerbit : Buku Biru
Cetakan : Pertama Desember 2010
Tebal : 190 halaman

Banyak orang yang menatap sinis Jengis Khan, dengan mencapnya sebagai pribadi yang tak jauh beda dengan Hitler, Fir’aun atau penguasa zalim lainnya. Semua itu tentu karena tindak tanduk Khan yang dinilai tidak berperikemanusian dalam perang.

Tentu tidak adil, jika yang dikaji hanya keburukannya saja, karena tak mungkin tak ada hal positif. Apalagi jika hanya membaca sejarah kehidupannya dari satu sumber saja, tanpa menghiraukan sumber-sumber lainnya.

Jengis Khan patut diacungi jempol akan keberhasilannya menjadikan Mongol negara yang disegani. Meski sering didera konflik antar suku, mereka bisa bangkit menjadi negara yang sangat disegani oleh negara dunia.

Ia adalah sosok legendaris yang menurut Michael Hart lebih unggul jika dibandingkan dengan Alexander Agung, Napoleon Bonaparte dab Hitler. Alasannya, pengaruh Jengis Khan menyebar kedaerah yang lebih luas, dibandingkan pemimpin-pemimpin tadi.

Napoleon dan Hitler memiliki daerah penaklukan dalam jangka pendek. Sementara Jengis Khan mampu mengorganisir daerah taklukkannya begitu cermat dan rapi. Hasilnya, anak-anak maupun cucu-cucunya menjadi pewaris teguh.

Buku berjudul Jengis Khan ini, dari penampilan cover tampak seperti novel. Namun setelah dibaca jauh ke dalam, lebih pada buku biografi tentang Jengis Khan. Dalam buku ini diterangkan tentang bangsa Mongok dan sosok pemersatu yang ada di sana.

Jati diri Jengis Khan juga dibahas khusus, sampai ia berhasil menakhlukan dunia. Jengis Khan dengan gemilang berhasil menakhlukan China dan ia juga dikenal sebagai pembantai kaum Muslimin.

Kematiannya yang meninggalkan misteri, tentu layak untuk disimak. Begitu juga dengan hasrat Khan terhadap kaum perempuan.

Tak berhenti sampai Jengis Khan wafat, buku ini juga mengulas peristiwa pasca kematiannya. Dan tak ketinggalan dengan adanya orang Mongol yang masuk Islam.

Jika anda sedang mencari tauladan hidup, maka beberapa sifat baik Khan mungkin bisa dijadikan rujukan. Jengis Khan tak hanya pintar dalam strategi perang, namun juga terkenal berbakti pada orang tua dan sifat-sifat unggul lainnya. Hendri Nova


Responses

  1. keren

  2. Reblogged this on Najamuddin Muhammad and commented:
    makasih ya…saran dan kritik akan menjadi lebih baik


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: