Oleh: hendrinova | Desember 30, 2011

Kumpulan Cerita Cerpenis Terkenal Dunia


Judul : Cinta Tak Pernah Mati
Pengaramg : Akutagawa Dkk
Penerbit : PT.Serambi Ilmu Semesta
Cetakan : Pertama Juni 2011
Tebal : 227 halaman

Pepatah Minang mengatakan, caliak tuah ka nan manang, caliak contoh ka nan sudah. Artinya, kalau ingin melihat seseorang sakti atau tidak, lihatlah apakah ia selalu menang dalam pertarungan. Jika selalu menang, berarti seseorang itu benar-benar bertuah.

Sementara kalau ingin mengambil suri tauladan, belajarlah pada yang telah berhasil. Jangan belajar pada yang setengah jadi atau tak punya bukti keberhasilan sama sekali. Jika contoh yang akan diambil suri tauladan itu baik, maka tak ada salahnya mengikut jalan yang ditempuh orang itu.

Lalu apa hubungannnya dengan buku kumpulan cerpen para cerpenis terkenal dunia ini? Hubungan jelas untuk orang yang berkeinginan menjadi seorang cerpenis terkenal pula. Kalau ingin terkenal, maka buatlah cerpen seperti buah karya 17 pengarang terkenal dunia ini.

Silahkan pilih gaya yang sekiranya cocok dengan diri sendiri. Pembaca bisa meniru gaya bertuturnya cerpenis Jepang, Ryunosuke Akutagawa atau dari cerpenis Prancis, Honore De Balzac. Jika kurang cocok dengan keduanya, silahkan meniru gayanya Bjornsterne Bjornson, pemenang hadiah Nobel Sastra asal Norwegia.

Jika tak cocok juga, belajarlah pada Anton Chekhov, cerpenis dan dramawan terkemuka asal Rusia. Pilihan lainnya ada pada Fyodor Dostoevsky, pengarang terkemuka yang juga dari Rusia dan masih banyak lagi.

Judul yang diandalkan sebagai cover dalam buku kumpulan cerpen ini adalah miliknya
Honore De Balzac, dengan judul Cinta Tak Pernah Mati. Kisahnya mengharukan sekaligus mengundang penasaran akan apa yang terjadi pada para pelaku.

Cerpennya merupakan cerita dalam cerita. Dikisahkan seorang tentara Prancis yang tertangkap tentara Arab, dan menjadi tawanan perang. Di suatu kesempatan, ia berhasil lolos dan melarikan diri dari tawanan tentara Arab, dan akhirnya menyesali tindakannya itu.

Ia tidak menyadari, bahwa sangat susah untuk menakhlukkan padang pasir sendirian. Di tengah sengatan panas luar biasa, ia tidak tahu harus menuju ke arah mana. Akhirnya ia menemukan sebuah gua dengan beberapa batang kurma yang sedang berbuah ranum.

Harapan hidupnya kembali lagi dan ia kemudian membuat tempat istirahat sementara di dalam gua. Tak dinyana, beberapa saat kemudian, seekor macan betina masuk dan ikut bermalam di sana. Ketakutan kini bergayut dalam dadanya.

Ada niat untuk membunuh binatang itu, begitu pagi datang menjelang. Namun niat itu urung ia lakukan, ketika melihat tatapan bersahabat macan betina tersebut. Singkat kata keduanya kini menjadi sahabat di tengah padang gurun yang luas.

Sang macan betina yang perangainya mirip kekasih si tentara, memiliki rasa cemburu yang luar biasa. Keduanya kini terlibat dalam satu hubungan batin yang aneh. Hubungan itu berpotensi melahirkan sesuatu yang sekiranya tak boleh terjadi.

Sementara sebagai cerita pembuka, tampil cerpenis Jepang Ryunosuke Akutagawa dengan cerpen berjudul Suatu Hari Di Surga. Kisahnya tentang Sang Budha yang coba menolong seorang perampok kelas berat yang telah banyak membunuh, menjarah dan membakar rumah-rumah penduduk dari siksa neraka.

Sang Budha mencari-cari kebaikan yang sekecil apapun yang pernah dilakukan Kandata. Ia akhirnya mendapatkan satu kebaikan Kandata yang tidak membunuh seekor laba-laba. Alasan itulah yang kini digunakan Sang Budha untuk menarik Kandata dari dasar neraka.

Satu jaring halus milik laba-laba kini menjuntai dekat Kandata. Kandata melihat jaring tersebut terhubung ke surga dan ia segera memanjatnya. Ketika hampir sampai, Kandata melihat banyak penghuni neraka yang mengikutinya dan mereka berada di bawahnya. Kandata dengan kejam memutus jaring laba-laba. Penasaran bukan dengan akhir ceritanya, sudah pasti itu terjadi.

Buku ini akan membuat pembaca memetik banyak hikmah dalam kehidupan. Sangat rugi tentunya, untuk melewatkan begitu saja karya 15 pengarang terkenal dunia lainnya. Makin rajin anda membaca karya sastra, maka hati akan semakin lembut dan memiliki banyak pengetahuan tentang kehidupan. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: