Oleh: hendrinova | Desember 30, 2011

Kecerobohan Berakibat Fatal


Kecerobohan memang hanya akan merugikan diri sendiri. Ceroboh bisa terjadi pada siapa saja, tak perlu memandang usia ataupun status pendidikan. Asal perbuatan dilakukan di luar pakem yang ada, maka bersiaplah menghadapi salah resikonya yang kadang negativ.

Sikap ceroboh inilah yang coba dihimpun Ann Kelso dalam buku berjudul ‘Don’t Try This At Home’. Ada 101 kisah kecerobohan berakibat maut bagi pelakunya. Mungkin saja salah satunya berpotensi anda lakukan satu saat nanti.

Ann Kelso membuka ceritanya dengan kisah ‘Senjata Makan Tuan’. Anda tentu akan penasaran dengan ceritanya, atau malah mungkin menjadi sok tahu. Hentikan sikap itu dan mulailah membaca, karena kisahnya tak berhubungan dengan senjata apapun juga.

Cerita pembuka diambil oleh Mikhail, seorang penangkap ikan yang tidak ramah lingkungan. Demi mendapatkan ikan dalam jumlah besar, ia menggunakan kejutan listrik demi mendapatkan ikan lebih cepat.

Ia menyeret arus listrik dalam rumah dan menceburkan ke dalam danau. Sekejap kemudian, ikan-ikan mengapung mati. Ia sangat bahagia mendapatkan hasil hebat itu dan ingin segera memungut ikan-ikan yang mengapung. Ia lupa kalau arus masih ada dalam air. Akibatnya, ia pun ikut mati bersama ikan-ikan yang tentunya ada yang masih kecil.

Sementara cerita kedua tentang Lisa yang hamil duluan. Entah karena malu atau tidak siap punya anak, ia nekad menggugurkan kandungan lewat bantuan dukun beranak. Hasilnya, sang jabang bayi memang gugur, bersama ibunya yang mengalami pendarahan hebat dan akhiratnya wafat.

Tak kalah menarik cerita tentang telepon seluler yang bisa meledak. Peristiwa itu dialami Barbara yang dilanda mabuk kepayang dengan sang pacar. Karena telepon selulernya dipakai terus, akhirnya panas tak berhingga. Pada akhirnya, telepon seluler itu meledak dan menyebabkan otaknya kemasukan serpihan baterai.

Sementara di tahun 2007, seorang pekerja pengelasan di China wafat setelah baterai HP- nya meledak. Lama menggunakan HP apalagi dalam posisi di charge, dapat mengakibatkan meledaknya baterai. Cerita ini mampu mengingatkan pengguna HP, agar hati-hati dengan benda yang bisa merenggut nyawa tersebut.

Masih banyak lagi kisah-kisah tentang kecerobohan lainnya yang mengakibatkan kematian. Membaca buku ini menjadi peringatan pada pembaca, agar tidak bermain-main dengan nyawa, apalagi dengan sesuatu yang bentuknya terlihat sepele.

Sikap kecerobohan hanya akan merugikan diri sendiri dan juga orang-orang sekitar. Sementara sikap hati-hati akan menyelamatkan diri dan orang-orang yang dicinta.

Buku ini layak ada di pustaka pribadi anda, supaya bisa dibaca semua anggota keluarga. Bahkan kalau perlu, letakkan dia dalam kategori buku yang wajib dibaca, karena memang sangat bermanfaat. Jadi baca dan ambil hikmahnya dan jangan pula ditiru di rumah. Peresensi Hendri Nova

Judul: Don’t Try This At Home
Penulis : Ann Kelso
Penerbit :PT Grafindo Media Pratama
Cetakan : Pertama, Juli 2011
Tebal : 238 Halaman


Responses

  1. good idea im gonna try it


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: