Oleh: hendrinova | Desember 30, 2011

Adil Pada Wahabi


Kehadiran buku berjudul ‘Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi (SBSSW) yang dikarang oleh penulis dengan nama samaran Syaikh Idahram, menguncang masyarakat Indonesia. Apalagi buku itu dikarang oleh seseorang yang telah melabeli dirinya syeikh, tentu semua perkataannya dianggap mendekati kejujuran.

Penggunaan nama samaran ini, sangat keterlaluan jika memang pengarangnya belum layak disebut syeikh. Apalagi buku yang dikarang menuding salah satu pihak, dengan tudingan tanpa sebuah pengadilan.

Buku ini diterbitkan oleh Pustaka Pesantren di bawah LSM LkiS Yogyakarta yang terkenal dengan buku-buku terbitannya yang pro kelompok kiri. Hebatnya lagi, meski judulnya jelas sebuh tudingan, buku ini dapat sambutan hangat dari Ketua Pengurus NU, Prof.Dr.Said Siraj dan beberapa pemuka Islam lainnya.

Setelah diselidik oleh penulis AM. Waskito, bartu ketahuan belangnya buku ini. Begitu banyaknya hasil temuan Waskito, maka lahirlah buku setebal 416 halaman berjudul Bersikap Adil Kepada Wahabi.

Meski menolak mengaku sebagai bagian Wahabi, sedikit banyaknya Waskito simpatik pada Wahabi. Tentu saja simpatik yang positif sebagai bagian dari khazanah umat Islam yang memang ditakdirkan diliputi banyak perbedaan.

Menurut Waskito, SBSSW bukan lahir sebagai karya ilimiah tapi lebih cenderung pada propaganda hitam. Buku ini menghindari anjuran untuk saling nasehat menasehati sesama umat Islam, jika ada yang didapati melakukan kesalahan.

Waskito juga menilai buku SBSSW lebih mengedapankan judul yang provokatif sebagaimana layaknya koran-koran kriminal. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan penjualan yang bombastis.

Buku SBSSW juga dipandang gagal memetakan masalah, dan lebih pada propaganda kafir yang mendiskreditkan kelompok yang disebut wahabi. Akibat buku ini, banyak pengajian yang dicap sepihak wahabi tak bisa lagi dilanjutkan.

Penulis yang telah menganggap dirinya setara Syeikh itu, juga dinilai Waskito menghembuskan propaganda keganasan kaum Wahabi tanpa dasar yang jelas. Lebih hebatnya lagi, definisi Wahabi juga tak disebutkan jelas sehingga dinilai penulisnya tak paham soal Wahabi, namun membabi buta menyebar fitnah pada mereka yang dicap Wahabi.

Buku SBSSW juga dipandang curang terhadap para pembacanya, dengan referensi yang tidak kuat. Bahkan dalam memaknai teks, buku itu juga gagal. Dan lebih gilanya lagi, buku SBSSW telah berdusta atas nama Rasulullah SAW.

Waskito tak sampai disitu dalam mengungkap kebenaran SBSSW. Ia bahkan mengupas siapa sebenarnya penulis bersembunyi dibalik nama Syeikh Idahram tersebut. Menurutnya, ia merupakan orang yang dikenal oleh Ketua PBNU, Said Aqil Siraj yang dikenal anti Wahabi. Arifin Ilham juga dipandang mengetahuinya, karena ikut memberikan buku SBSSW.

Bahkan lebih berani lagi, Waskito menilai Syeikh Idahram seorang Syiah yang mengemban misi tertentu. Tak hanya itu, para pendukung buku ini seperti Said Aqil, ikut dibahas tuntas hubungannya dengan Syiah, begitu juga dengan Arifin Ilham.

Sebagai pembanding, penulis juga mengupas dakwah yang dibawa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Ia pun menguraikan tentang istilah Wahabi itu sendiri, dan hakikat gerakan dakwahnya.

Satu hal yang terus dihembuskan saat itu, Wahabi dekat dengan pemusnahan situs-situs bersejarah seperti yang dilakukan Arab Saudi pada situs sejarah Islam. Pemerintah Arab Saudi terpaksa melakukan itu, untuk menampung lebih banyak jemaah haji yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Buku ini, juga menjawab tuduhan soal pemalsuan kitab yang diarahkan pada Wahabi.Ada kecurangan yang dilakukan Idahram, untuk memuluskan tudingan yang ia lakukan.

Bagi anda yang telah membeli buku SBSSW, tentu harus mendapatkan buku ini, agar tidak teracuni pikiran penulis yang dari namanya sudah berupaya menipu. Mencari kebenaran di zaman ini, memang tidak boleh jika hanya berpatokan atau fanatik dengan satu keterangan saja. Hendri Nova

Judul: Bersikap Adil Kepada Wahabi
Penulis : AM.Waskito
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Cetakan : Pertama, Oktober 2011
Tebal : xxvii + 416 halaman


Responses

  1. good


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: