Oleh: hendrinova | Desember 29, 2011

XL Keluarga, Model Bisnis Komunikasi Masa Depan

Oleh Hendri Nova
Hadirnya telepon seluler (ponsel) dengan sistem dua kartu atau lebih, dengan halus memaksa konsumen untuk tidak bergantung pada salah satu operator saja. Mereka akan mencari operator kedua, untuk lebih memudahkan mereka dalam berkomunikasi.
Mereka tentu menjadi rugi sendiri, jika bertahan dengan satu operator saja. Kekecewaan akan sering menghampiri mereka, jika satu saat nanti terjadi pemutusan sambungan.
Apalagi saat operator bersangkutan sedang mengadakan maintenance atau perbaikan, maka mau menyumpah-nyumpahpun mereka tidak akan dapat sinyal. Tentu jadi lain ceritanya, jika memiliki operator alternatif kedua, komunikasi tentu tetap dapat dilakukan dengan lancar.
Banyaknya pelanggan memakai ponsel dengan dobel kartu, dengan sendirinya meningkatkan pertumbuhan pelanggan. Apalagi yang memiliki Tab, I-Phone, I-Pad dan lainnya. Mereka tentu tidak mungkin harus bongkar-bongkar kartu, untuk mengaktifkan alat-alat tersebut.
Maka pada saatnya nanti, beberapa operator akan mendapatkan jumlah pelanggan yang selisihnya sedikit saja, karena mereka dipilih banyak konsumen untuk memberikan layanan terbaik. Dari sekian banyak pelanggan, tentu bakal ada yang tetap setia dengan satu nomor, hingga tak mau lagi diganti-ganti.
Lalu apa yang harus dilakukan operator seluler khususnya XL agar dipilih konsumen menjadi salah satu pemberi jasa layanan ? Simaklah komentar Annisa dengan beberapa harapannya pada operator seluler.
Dalam wawancara yang dilakukan khusus dengannya, ia mengaku merindukan operator yang bisa memberika akses gratis antar sesama anggota keluarga. Ia ingin XL membuat grup komunitas khusus keluarga, dengan anggota semua anggota keluarga atau disebut dengan XL Keluarga.
Untuk grup itu, XL menggratiskan biaya bicara maupun SMS sepanjang kartu dipakai, dengan hanya mengisi Rp5 ribu atau Rp10 ribu per bulan. Tentu kepala keluarga tidak keberatan mengeluarkan uang sejumlah itu, karena dengan telepon rumah, kadang biaya per bulan bisa membengkak.
Jika dalam satu keluarga ada empat anggota yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anak, maka satu bulan XL akan mendapatkan pemasukkan sebesar Rp20 ribu atau Rp40 ribu. Kalikan dengan 10.000 Kepala Keluarga saja misalnya, maka XL sudah mendapatkan pemasukan tetap sebesar Rp200 juta atau Rp400 juta per bulan.
Itu baru 10 ribu Kepala Keluarga. Jika XL berhasil merekrut 1.000.000 KK, tentu penghasilan tetap XL per bulan menjadi Rp20 Milyar atau Rp40 milyar. Lalu bagaimana dengan 10 juta KK atau bahkan sampai 50 juta KK ? XL tentu sudah bisa menghitung sendiri keuntungan yang bakal diperoleh.
Agar pulsa yang Rp5.000 atau Rp10.000 per bulan mereka pakai, XL sediakan saja nada tunggu yang super murah. Misalkan saja Rp500 per nada tunggu untuk satu minggu. Yakinlah mereka akan memasang nada tunggu lebih dari satu, karena merasa murah sekali.
Cara lainnya untuk mendapatkan pulsa tersebut masuk ke kas XL dengan cara membuat banyak kuis dengan hadiah pasti. Caranya dengan memakai sistem single matrix.
Semua peserta kuis dijamin dapat hadiah yang ditentukan XL, misalkan dua unit sepeda motor dalam satu periode. Jika satu nomor kuisnya dihargai Rp500, maka nomor tersebut langsung diberi nomor urut.
Mereka yang berada di urutan satu, berhak mendapatkan sepeda motor terlebih dahulu, setelah akumulasi dari semua peserta kuis bisa untuk membeli hadiah tersebut. Jika satu pemenang nomor sudah dapat, maka nomor yang lain hanya berhak mendapatkan satu hadiah rebutan lainnya. Dengan catatan, nomor-nomor yang belum menang diikutkan terus dalam undian rebutan.
Satu sepeda motor lagi, pemenangnya ditentukan dengan cara rebutan tadi. Jadi yang telah menang secara urutan, ia masih bisa dapat hadiah lagi. Yakinlah, kuis seperti ini bakal sukses dan keuntungan besar akan diraih XL.
XL Keluarga tentu akan lebih ampuh, jika diberi bonus terhubung dengan dua atau tiga keluarga terdekat lainnya. Jika ini dilakukan XL, maka komunitas keluarga XL akan menjamur di seluruh Indonesia.
XL tentunya akan dijadikan alat berkomunikasi sehari-hari, baik untuk menghubungi keluarga ataupun untuk keperluan bisnis. XL Keluarga akan menguasai pasar, dengan catatan operator lain seperti yang sudah-sudah tidak meniru pula langkah XL.
Soalnya, perang tarif memang sudah tak bisa dihindari. Hanya operator yang sanggup menarik hati pelanggan saja yang bakal mampu bertahan. Jika mereka selalu mendapatkan keuntungan, maka operator tersebut akan terus dipertahankan.
Oleh karena itu, XL Keluarga juga harus menawarkan beragam keuntungan bagi pelanggan. Yakinkan pada pelanggan bahwa mereka tak akan menyesal karena telah bergabung dengan komunitas XL Keluarga.
Misalkan saja XL memberi kejutan hadiah ulang tahun bagi anggota komunitas XL Keluarga yang berulang tahun atau hari jadi pernikahan atau lainnya. Bentuk perhatian kecil ini, akan membuat XL mendapat hati dalam masyarakat.
Jika XL sudah mendapatkan fanatisme pelanggan, maka mereka akan militan pula dengan XL. Mereka merasa rugi, jika harus ganti lagi ke operator lain, karena akan kehilangan banyak keuntungan yang selama ini didapat.
Hadirnya operator lain dengan menjiplak habis program XL Keluarga, tidak usah dirisaukan. Jika mereka menawarkan satu nilai plus yang belum dimiliki XL, maka XL segera menyempurnakan kekurangan itu dengan yang lebih baik lagi.
Kemampuan XL untuk berbagi dalam program XL Keluarga, tentunya akan membuat pelanggan merasa makin nyaman. Mereka akan saling merekomendasikan pada keluarga lain, agar turut menggunakan kartu XL Keluarga.
Saling merekomendasikan akan memberikan efek domino yang terus memanjang. Jika diibaratkan bola salju, maka makin besarlah ia dari waktu ke waktu. Ia akan terus menggelinding kian besar dan makin besar.
Jika itu sudah terjadi, maka XL sudah menjadi market leader, dengan semboyan dari pelanggan, oleh pelanggan dan untuk pelanggan. Perekonomian masyarakat makin maju, karena XL terus membagi-bagi motor atau hadiah lainnya untuk mereka.
Untuk itu, jadilah Xl operator yang selalu memberi keuntungan dengan kejutan indah dan menguntungkan pada para pelanggan. Yakinlah XL akan menjadi nomor satu di Indonesia, karena banyaknya pelanggan yang berhasil ditarik jadi anggota XL Keluarga.


Responses

  1. bagaimana cara mendaftarkan anggota keluarga ke dalam xl keluarga?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: