Oleh: hendrinova | Desember 29, 2011

Tanggal Cantik 20-11-2011 dan 12-12-12

Ribuan pasangan se-Sumbar mengucapkan janji suci di tanggal cantik 11-11-11, begitulah isi berita Harian Singgalang beberapa waktu lalu. Pemberitaan Singgalang terbukti benar, dengan banyaknya kemacetan yang terjadi setelah hari itu.

Rata-rata pasangan yang menikah di tanggal cantik ini, memasak tenda mulai tanggal 11-11-11 sampai resepsi tanggal 12 atau 13-11-11. Akibatnya, yang bertempat tinggal di tepi jalan, banyak yang mengambil badan jalan sebagai tempat pesta.

Fenomena tanggal cantik, memang baru mengemuka setelah pemakaian telepon seluler merata di tengah masyarakat. Angka cantik diberikan hanya pada nomor seluler yang gampang untuk diingat. Satu kali baca, teman langsung ingat nomor yang bersangkutan.

Akibat disebut cantik, harga nomornya pun spesial. Kalau ingin mendapatkannya, uang yang harus dikeluarkan lebih besar dari nomor biasa.

Nah di bulan November ini, ada satu tanggal cantik lagi untuk mengikat janji suci ataupun penanda kelahiran. Tanggal yang dimaksud adalah 20 November 2011 atau 20-11-2011. Setelah ini angka cantiknya tak terlalu populer.

Angka cantik 2011 2011, memang tak seheboh 11-11-11. Buktinya, euforia untuk itu tidak terlihat di Sumbar. Namun tentu tidak untuk daerah lainnya. Tanggal ini juga jadi incaran untuk momen-momen penting.

Satu hal yang harus diingat, momen di angka cantik terkadang memiliki banyak kesulitan. Sebagaimana dirilis arenaphoto.blogspot.com, pasangan pengantin yang menikah di tanggal cantik 7 Juli 2007 (07-07-07), 8 Agustus 2008 (08-08-08), 9 September 2009 (09-09-09) atau tahun ini, 11 November 2011 (11-11-11), mengalami beberapa kesulitan.

Pertama, sulit mencari lokasi perkawinan. Begitu banyaknya pasangan yang mengincar tanggal tersebut, membuat gedung-gedung perkawinan sudah tersewa jauh-jauh hari. Banyak calon pengantin yang berani membayar lebih mahal daripada tarif normal.

Kedua, kesulitan mencari vendor pendukung lainnya seperti katering, make up artist, penjahit kebaya, fotografer, dekorasi, mobil pengantin, percetakan untuk undangan, dan lain sebagainya. Akibatnya, Anda harus mencari vendor pengganti, yang pilihannya mungkin tidak terlalu memuaskan untuk Anda.

Ketiga, pihak lembaga agama yang akan menikahkan juga sulit memberikan pelayanan jika jumlah calon pengantin terlalu banyak. Siap-siap saja ditolak, jika tidak memesan tempat sejak beberapa bulan sebelumnya.

Keempat, penyedia jasa perkawinan umumnya menaikkan harga atau tarifnya. Beberapa unit yang cenderung menaikkan harga contohnya, florist, penjahit atau desainer, percetakan, fotografer, persewaan mobil, dan lain sebagainya.

Kelima, penganten akan dibuat lebih deg-degan karena penjahit kebaya atau percetakan tempat mencetak undangan kebanjiran order, sehingga pesanan terancam tidak akan selesai pada waktunya.

Keenam, teman-teman atau kerabat juga kebanjiran undangan pada hari yang sama. Sekalipun acara digelar pada jam yang berbeda, tamu tetap harus memilih undangan mana yang harus dihadiri dan lebih prioritas.

Tujuh, macet. Tamu akan dibikin stres mengarungi jalanan untuk menghadiri undangan di sana-sini. Jangan lupakan juga vendor yang melayani kebutuhan Anda, seperti pembuat janur atau katering. Seringkali kurirnya harus mengantarkan pesanan di beberapa tempat, dan ikut terkena macet.

Delapan, ekses dari kondisi jalanan macet, banyak teman atau keluarga yang tidak dapat menghadiri pernikahan. Akibatnya, resepsi perkawinan sepi, dan hidangan yang melimpah ruah jadi sia-sia.

Sembilan, banyak calon pengantin yang punya pikiran yang sama tanggal cantik. Akhirnya, tanggal tersebut tidak lagi eksklusif, atau tidak istimewa lagi, karena bukan satu-satunya yang menikah pada tanggal tersebut.

Karena itu, jika Anda berencana menikah pada 12 Desember 2012 nanti, ada baiknya Anda melakukan berbagai tindakan antisipasi untuk berbagai kerepotan yang mungkin akan terjadi. Jika telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, bukan tak mungkin rencana pernikahan sukses dan menjadi kenangan manis.

Sifatnya tentu kembali terpulang pada yang bersangkutan. Jika bertempat tinggal di area anti macet, orang terpandang dan sebagainya, sudah pasti undangan bakal banyak dan menjadi prioritas. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: