Oleh: hendrinova | Desember 23, 2011

Agar Layanan Askes Melampaui Harapan Pelanggan

Oleh Hendri Nova
Wartawan Harian Singgalang

PERUSAHAAN pemberi jasa kesehatan yang baik sebagaimana PT Askes, harus terus menerus mengupdate layanannya pada para pelanggan. Dengan tidak berpuas diri dengan pujian yang ada, akan membuat kualitas layanan bagi pelanggan melampaui harapan mereka.
Dengan pelanggan dari latar belakang berbeda, jelas tingkat kepuasannya juga berbeda. Sebagaimana dirilis ptaskes.com, PT Askes (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya.
Antara PNS dan pensiunan, TNI/Polri maupun Veteran dan lainnya, jelas memiliki tingkat kepuasan yang berbeda. Apalagi dari segi usia, antara orangtua dan yang masih muda, memiliki rasa kepuasan yang tak sama.
Maka dari itu, dibutuhkan survey dan perbaikan terus menerus, agar layanan PT Askes makin mantap. Jangan sepelekan satu pelanggan, karena ia bisa menjadi nira setitik yang akan merusak susu sebelanga.
Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan PT Askes. Salah satunya dengan segera mendatangi pelanggan yang baru masuk rumah sakit.
Tindakan ini sangat mengembirakan pelanggan, sebagai wujud perhatian besar dari PT Askes. Tanyakan padanya apa yang kira-kira bisa membuatnya nyaman, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhannya.
Jika ia seorang Muslimah taat, berikan ia privasi sebagaimana yang telah dilakukannya selama sehat. Jika membutuhkan tempat tertutup yang terjaga hijabnya, maka PT Askes harus memfasilitasinya. Begitu juga dengan dokter wanita, PT Askes tentu bisa membantunya.
Ketahuilah, kenyamanan pasien pada tempatnya berobat akan mempercepat penyembuhan. Yakinlah, perhatian ini akan menyenangkan hatinya, sehingga ia merasa beruntung menjadi salah seorang memegang kartu Askes.
Kepuasan pelanggan sendiri jika didefenisikan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan (triatmojo.wordpress.com).
Pelayanan PT Askes hendaknya bisa diakui secara luas dan merata di seluruh cabangnya. Untuk tahun 2010 ini, PT Askes yang meraih Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden Republik Indonesia kepada Kantor PT Askes (Persero) untuk Cabang Utama Surabaya dan Semarang sebagai Unit Pelayanan Publik Berkinerja sangat Baik.
Kedepannya, seluruh cabang PT Askes hendaknya bisa meraih penghargaan ini. Tentu saja dengan meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan. Dengan bertanya dari hati ke hati, maka usaha ini pasti berhasil.
Segala program PT Askes, mulai dari Askes Sosial yakni Program Asuransi Kesehatan Sosial merupakan penugasan Pemerintah kepada PT Askes (Persero) melalui Peraturan Pemerintah No. 69 tahun 1991 ; Program Jamkesmas yakni salah satu upaya untuk pengentasan kemiskinan, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sejak tahun 2005 membuat Program Jaminan Kesehatan bagi Masyarakat miskin dan tidak mampu yang disebut dengan program Askeskin.
Selanjutya Askes PJKMU atau Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Umum (PJKMU) yakni program jaminan kesehatan bagi masyarakat dari Pemerintah Daerah yang dalam pelaksanaannya menugaskan PT Askes (Persero) untuk mengelola berdasarkan mekanisme asuransi sosial ; Askes Jamkesmen yang berpelanggan Menteri atau pejabat tertentu beserta keluarganya selama yang bersangkutan menduduki jabatan dan melaksanakan tugasnya.
Seterusnya Jamkestama yakni Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPR, DPD, BPK, Komisi Yudisial, Hakim Mahkamah Konstitusi dan Hakim Agung Mahkamah Agung, yang selanjutnya disebut Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama) adalah pelayanan kesehatan yang diberikan dengan fasilitas pelayanan yang paling tinggi selama melaksanakan tugasnya, tentunya akan berbuah manis dan meraih kepercayaan besar.
Cita-cita PT Askes dengan motto ‘Melayani Pelanggan Melampaui Harapan’ tak hanya isapan jempol belaka, karena bisa dibuktikan dengan terapan di lapangan. Kuesioner tentu bisa diberikan pada setiap pelanggan yang baru keluar rumah sakit. Tanyakan apakah ia puas dengan rumah sakit yang bermitra dengan PT Askes atau tidak. Jika tidak, mintalah saran terbaik darinya, untuk pelayanan terbaik di kemudian hari.
PT Askes harus menjadi teladan bagi penyelenggara kesehatan lainnya. Jika banyak yang studi banding pada pelayanan PT Askes, itu berarti, nama PT Askes sudah harum kemana-mana.
Dengan membuat pelanggan merasa beruntung dengan kartu yang ia miliki, maka akan memberikan citra positif pada pelanggan lain. Otomatis tingkat kepercayaan jadi meningkat, sehingga layanan ikut pula meningkat.
Oleh karena itu, tidak ada kata lain bagi PT Askes untuk terus berbenah dan berbenah. Makin puas pelanggan, maka makin berkibarlah nama PT Askes di bumi nusantara. (*)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: