Oleh: hendrinova | November 16, 2011

Rumput Fatimah ; Dipercaya Memperlancar Persalinan


Rumput fatimah (Labisa pumila) atau di Arab disebut Kaf Mariyam (Telapak tangan mariyam) dikenal sebagai tanaman yang membantu proses memperlancar kelahiran. Tumbuhan ini sering dijadikan oleh-oleh dari Mekkah, oleh para jemaah haji. Rumput fatimah dipercaya sebagai obat yang manjur.

Tidak ada riwayat yang jelas, maka tumbuhan ini diberi nama rumput Fatimah. Masyarakat Indonesia mengenalnya dengan nama itu, dari para jemaah haji juga.

Rumput Fatimah atau labisia pumila termasuk tanaman herbal yang berkhasiat untuk melancarkan haid pada wanita. Selain itu juga untuk menghilangkan rasa sakit ketika datang haid, mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan, meningkatkan hormon pada perempuan, melangsingkan tubuh, dan mengobati diare.

Untuk mendapatkan khasiatnya, rendam rumput fatimah dalam air minum secukupnya. Biarkan beberapa saat, sampai akar ini melebar atau mekar. Setelah itu, ambil airnya, gunakan untuk minum sebagian, dan untuk cuci bagian kewanitaan (cebok) sebagian sisanya. Dapat pula diusapkan di perut.

Memang belum ada laporan tentang penelitian secara medis untuk membuktikan kegunaan Rumput Fatimah. Sebagaimana dikutip dari azaycizz.wordpress.com, tumbuhan ini banyak dipercaya memiliki kandungan hormon serupa oksitosin. Fungsi dari hormon ini sendiri adalah membantu kontraksi pada ibu-ibu yang akan melahirkan.

Rumput Fatimah hanya boleh dikonsumsi ketika sudah dekat waktu melahirkan, yakni ketika pembukaan sudah di atas 6, bukan pada saat pecahnya air ketuban. Jika Rumput Fatimah dikonsumsi sebelum pembukaan 6 akan terjadi kontraksi yang abnormal.

Dan hal ini bisa jadi sangat berbahaya bagi ibu yang hendak melahirkan. Dampak terburuknya bisa terjadi robekan pada dinding rahim dan perdarahan yang hebat dan tidak bisa terhentikan.

Karenanya, meskipun pada beberapa kasus sangat membantu proses persalinan, sebaiknya Anda berhati-hati ketika hendak mengkonsumsi rumput fatimah ini. Upayakan berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu tentang konsumsinya. Jangan heran jika banyak dokter akan melarang penggunaannya karena dikhawatirkan akan berbahaya bagi sang ibu dan buah hati.

Oleh karena itu, kalau tidak yakin meminum ramuan dari rumput fatimah, baiknya tidak usah dikonsumsi. Karena terkadang, rasa cemas itulah yang membuat segala kesalahan fatal terjadi.

Sebagaimana dikatakan orang bijak, obat hanya mampu menjadi faktor penyembuh. Sementara yang menyembuhkan sebenarnya adalah Allah SWT, melalui sangka baik pada-Nya.

Jika yakin dengan meminum air putih saja Allah akan menyembuhkan penyakit, maka peliharalah keyakinan itu sampai sembuh datang. Insya Allah, Allah SWT akan menurunkan penyembuhan sesuai prasangka itu. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: