Oleh: hendrinova | November 16, 2011

Mudik Aman dan Nyaman Bersama Keluarga

Tidak beberapa lama lagi, kegiatan mudik atau pulang kampung akan terjadi di seluruh Indonesia. Event tahunan ini, selalu membawa berkah bagi semua orang.

Untuk mudik, tentu banyak pilihan yang bisa dilakukan. BIsa dengan kendaraan umum semisal dengan bus, kapal, kereta api ataupun dengan pesawat terbang. Meski tak sedikit pula yang pulang dengan pesawat pribadi.

Nah untuk yang mudik dengan kendaraan pribadi tentu harus dengan persiapan yang cukup terutama kondisi fisik. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Walaupun kondisi jalan yang macet namun di sanalah nikmatnya mudik saat berlebaran. Namun tak kalah penting dalam mudik adalah kondisi kendaraan, pastikan kendaraan yang akan dipakai sudah siap untuk melakukan perjalanan jauh.

Berikut tips mudik bagi Anda yang akan bersilaturahmi ke kampung halaman sebagaimana dirilis bagi-mp3.blogspot.com. Pertama persiapkan kendaraan. Sebelum melakukan perjalanan persiapkan kendaraan, baik itu perbaikan atau perawatan berkala. Jangan lupa persiapkan juga peralatan mobil seperti kunci-kunci, dongkrak,tali derek, kotak P3K dan lain-lain.

Kedua, bawa peta jalur mudik. Walau terlihat sederhana, tapi ini sangat krusial, lengkapi perjalanan dengan peta perjalanan. Sebaiknya, peta tersebut juga mengandung informasi tentang lokasi SPBU, ATM, tempat istirahat, dan jalur-jalur rawan/alternatif. Akan lebih baik lagi jika Anda melengkapi dengan pemandu GPS (Global Positioning System).

Ketiga,jaga kondisi fisik. Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit terutama bagi driver. Jangan sekali-kali bepergian dalam kondisi kurang fit. Lemahnya daya tahan tubuh atau menurunya vitalitas tubuh akan mengurangi daya konsentrasi apalagi bagi yang akan mengendarai mobilnya sendiri.

Keempat, packing barang/muatan dengan benar. Urutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan, diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan, agar tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Kelima, catatlah nomor telepon penting. Dengan mengetahui nomor-nomor penting seperti: pos polisi, jasa marga, info jalan tol, jaringan bengkel resmi dan lain-lain, akan sangat membantu jika Anda mengalami masalah di perjalanan.

Jangan lupa untuk berhenti menunaikan ibadah shalat bila sudah masuk waktunya. Ambillah keringanan dengan melakukan shalat jamak dan qashar. Rugi kalau bonus shalat ini tidak diambil.

Jika berhenti beristirahat, pastikan di tempat aman. Paling bagus di SPBU ataupun masjid. Jadi sambil beristirahat, bisa makan ataupun menunggu berbuka dan makan sahur. Semoga perjalanan anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Amin. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: