Oleh: hendrinova | November 16, 2011

Bijak Memilih Kosmetik

Jangan asal membeli kosmetik, apalagi yang dijual murah dipinggiran jalan. Meski kemasannya terlihat asli, bersegel, tak jaminan isi didalamnya juga demikian.

Salah-salah dalam memilih kosmetik, akibatnya tentu pada diri yang bersangkutan. Jangan ambil kosmetik yang menjanjikan hasil instan, karena mengandung ancaman permanen di kemudian hari.

Salah satu yang harus diwaspadai kaum wanita adalah kosmetik dekoratif. Terutama yang bisa mencerahkan kulit wajah dan menutupi bagian wajah yang kurang sempurna.

Jenis kosmetik dekoratif antaranya alas bedak, bedak, perona mata, perona pipi dan lipstik. Banyak kaum perempuan tergiur untuk membeli kosmetik, berdasarkan rekomendasi seorang teman atau iklan yang begitu gencar di televisi. Padahal belum tentu kosmetik tersebut cocok untuk jenis kulit yang bersangkutan.

Selain kosmetik dekoratif, juga harus diwaspadai kosmetik perawatan seperti susu pembersih, penyegar, hand & body lotion, krim siang, krim malam dan krim mata. Fungsi dari kosmetik perawatan adalah mengangkat kotoran yang mencemari kulit, mempertahankan komposisi cairan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet, memperlambat timbulnya kerutan dan melembutkan kulit yang kasar. Tetapi pada kenyataannya, tidak semua kosmetik itu aman dan bisa melindungi kulit.

Sebagaimana dirilis senowahyu.multiply.com, ternyata ada kosmetik yang mengandung pewarna merah K10 (rhodamin B), yang merupakan zat warna sintetis yang biasa digunakan untuk pewarna kertas, tekstil atau tinta. Zat tersebut dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker).
Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada hati (liver). Tahun 2006 lalu, pemerintah sudah mengeluarkan peringatan agar produk kosmetik yang mengandung Rhodamin B, tidak dipasarkan lagi.

Agar anda tidak salah beli, ada baiknya sebelum membeli kosmetik, kenali jenis kulit anda terlebih dahulu. Kenali jenis kulit anda dan jangan mudah percaya dengan saran yang diberikan oleh pramuniaga di counter kosmetika.

Setelah anda mengetahui jenis kulit wajah, maka akan lebih mudah memilih kosmetik yang baik untuk wajah anda. Jangan lupa untuk mengetahui kandungan bahan kosmetik.
Sebagai konsumen, sebaiknya anda mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik pilihan anda. Dengan mengetahui bahan-bahan tersebut, minimal anda bisa terhindar dari kerusakan kulit.

Lebih penting lagi, jangan terlalu sering mengganti merk kosmetik, terutama kosmetik dekoratif. Selain boros, akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Karena setiap merk kosmetik memiliki bahan-bahan yang diunggulkan. Misalnya merek””A” lebih banyak mengandung pelembab, sedangkan merek “B” lebih mengunggulkan mineralnya.

Apabila anda menggunakannya secara bergantian, kemungkinan kulit akan terpengaruh. Terlebih bagi anda yang memiliki kulit sensitif.

Kalau pun anda ingin mengganti merek kosmetik, habiskan kosmetik lama terlebih dahulu. Kecuali, kosmetik tersebut mengganggu kenyamanan kulit anda, maka harus anda hentikan penggunaannya.

Jangan lupa untuk mencatat batas waktu kadaluwarsa. Setiap membeli kosmetik, jangan lupa membaca masa kadaluwarsanya. Apabila tidak tercantum pada kemasannya, tanyakan langsung kepada beautician.

Catat tanggal kadaluwarsanya. Jika perlu tempel label kecil di belakang kemasan kosmetik, sekedar mengingatkan kita batas akhir penggunaannya.

Ciri-ciri kosmetik yang sudah kadaluwarsa yaitu warnanya berubah (keruh) atau lebih muda, baunya lebih menyengat dan berjamur. Biasanya akan timbul bintik-bintik putih di permukaan perona mata atau perona pipi.

Apabila masih juga digunakan, maka kesehatan kulit akan terganggu. Perona mata yang sudah kadaluwarsa, biasanya akan menyebabkan iritasi pada mata. Sedangkan perona pipi yang sudah kadaluwarsa akan mengakibatkan pipi terasa panas dan gatal. Jadi kalau ingin kesehatan kulit wajah terjaga, anda harus memilih kosmetik yang tepat.

Paling bagus lagi, jika anda mulai beralih pada kosmetika berbahan dasar herbal. Soalnya, yang berbahan dasar kimia, selalu memiliki efek samping. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: