Oleh: hendrinova | November 15, 2011

Aman Berpuasa Bersama Bayi

Tidak sedikit kaum ibu yang memberanikan diri berpuasa, walau sedang menyusui. Soalnya, mereka kuatir sulit membayar lagi dikemudian hari, karena puasa di luar bulan Ramadhan godaannya lumayan besar.

Hasilnya, memang harus siap tanggung resiko. Bila si ibu malas makan, maka akibatnya tentu pada bayi yang akan kekurangan asupan makanan. Padahal ASI terus diproduksi dengan komposisi 50 % karbohidrat, 30 % protein, dan 10-20 % lemak.

Jika kurang salah satunya, maka imunitas pada bayi juga akan melemah. Maka dari itu, hentikan dulu berpuasa, bila ada efeknya pada bayi. Namun kalau tanpa efek, tepat sekali kalau sang ibu berpuasa di bulan Ramadhan.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan ibu menyusui atau wanita hamil yang ingin tetap berpuasa. Selain makanannya harus bergizi, perbanyaklah makan daging.

Daging seperti dirilis asuh.wikia.com, termasuk makanan yang mengandung kalori dan protein sangat tinggi. Ia bisa disimpan tubuh dalam waktu cukup lama.

Sebaiknya hingga waktu sahur habis, usahakan minum air putih sebanyak-banyaknya. Jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter. Dan ditambah dengan segelas susu hangat.

Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Anemia adalah berkurangnya kadar hemoglobin (Hb) dalam darah.

Gejala anemia banyak ditemukan pada ibu hamil karena mereka kurang mengonsumsi makanan bergizi. Anemia berbahaya bagi ibu hamil, karena pada saat persalinan ibu akan mengalami kesulitan dan luka akibat persalinan sulit menutup.

Selalulah berbuka puasa dengan minum minuman hangat jangan yang dingin-dingin, agar bisa merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui. Sebelum tidur, untuk memproses produksi ASI, cobalah makan makanan ringan dengan minuman hangat.

Intinya, berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui semata-mata adalah demi ibadah dan dapat menjalankan puasa secara sehat dan senantiasa bugar. Usaha tentu harus dilakukan, agar bayi juga mendapatkan haknya pada sang ibu. Hendri Nova


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: