Oleh: hendrinova | Juli 29, 2011

Walau Kecil Suka Berbagi

Rebutan mainan, makanan, minuman atau lainnya, seringkali dilakukan anak-anak, terutama antara adik dan kakak. Tak jarang kalimat ‘ini punyaku, ini punyamu’ terlontar dari adik atau kakak.

Tentu sering terjadi pertengkaran yang akhirnya berakhir pada perkelahian antara keduanya. Tak hanya antara anak lelaki atau perempuan, antara anak lelaki dan perempuan pun juga tak bisa dihindarkan.

Tentu dibutuhkan kesabaran ekstra oleh orangtua, jika ingin mendapatkan anak-anak yang suka berbagi. Jika terus diasah, maka sang anak akan jadi insan yang suka berbagi dengan saudara atau temannya.

Selain kesabaran ekstra yang dibutuhkan untuk mengajari anak berbagi, juga bentuk mainan atau barang yang bisa digunakan bersama.

Satu kata kunci yang harus anda transfer pada anak, bahwa harus saling berbagi dengan orang lain. Saat anda memberinya sesuatu, jangan lupa katakan ‘kongsi-kongsi ya…’ Mudah-mudahan dia tidak akan lupa itu sampai tua.

Menurut pondokibu.com, orangtua harus senantiasa memberikan contoh yang baik pada anak, akan pentingnya kebersamaan. Contohkan waktu makan nasi, atau makanan lainnya, anda dan suami makan dalam wadah yang sama. Istilah orang Minang makan bajamba.

Pola makan bajamba sepertinya sangat bagus, karena semua makanan yang ada dalam piring bisa dinikmati bersama. Saat anda mengambil ikan, jangan lupa dibagi pada pasangan, sehingga anak bisa menirunya.

Jika memang ada hak kepemilikan, harus diakui itu miliknya. Kalau saudaranya mau pula, katakan bahwa status barang itu pinjaman, karenanya harus dikembalikan lagi.

Tunjukkan pada anak, bahwa berbagi adalah hal yang menyenangkan. Misalnya, dengan mengajaknya bermain bersama-sama kawannya secara bergantian. Lalu, katakan padanya, “senang ya…bisa main bersama? Kalau sendirian, pasti nggak seru…”

Terakhir, jangan memaksa jika dia sedang tidak oke. Kalau moodnya sedang tidak bagus, pemaksaan justru akan menjadi bumerang bagi Anda. Bersabar sajalah, dan tunggu sampai moodnya normal. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: