Oleh: hendrinova | Juli 29, 2011

Sikap Saat Harga Naik

Harga-harga melambung menjelang Lebaran? Hal itu sepertinya sudah menjadi peristiwa musiman. Jika tak siap, memang pusing juga dibuatnya.

Terutama kaum ibu, yang harus pandai-pandai membagi uang, saat harga tiba-tiba melambung. Perlu strategi khusus, agar tak terpuruk saat harga mulai mencekik isi dompet.

Sebagaimana dimuat eleng.net78.net, untuk menghadapi kenaikan harga, harus di hadapi dengan tindakan nyata. Tidak bisa dengan hanya berkeluh kesah, karena tak memberikan solusi.

Oleh karena itu, saat harga-harga naik, belilah keperluan rumah tangga di toko grosir dan buatlah anggaran belanjanya. Gunakan telepon dan air PAM seperlunya saja. Atau gunakan telepon pada jam diskon, dan hidari pembicaraan yang tidak perlu.

Ganti mobil dengan kendaraan yang hemat BBM seperti menggunakan sepeda motor atau menggunakan angkutan umum. Rawat kendaraan secara teratur untuk memperpanjang usianya dan pergantian suku cadang.

Ganti kebiasaan menonton di bioskop dengan menonton TV/DVD bersama di rumah. Kurangi jalan-jalan ke Mall bersama keluarga, ganti dengan rekreasi yang murah tapi mendidik dan sehat. Misalnya jalan jalan ke taman atau berolah raga.

Manfaatkan keahlian dengan mengajarkan anak di akhir pekan, untuk mengurangi biaya kursus dan bermanfaat untuk meningkatkan hubungan dengan Anak. Rencanakan perjalanan jauh anda dengan memesan tiket jauh hari untuk menghindari calo atau untuk mendapatkan diskon khusus.

Jika yang naik harga cabai, mulailah memanfaatkan pekarangan bertanam cabai atau sayuran lainnya. Jika anda tekun, maka kebun kecil anda dapat memberikan kontribusi hebat bagi penghematan pengeluaran. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: