Oleh: hendrinova | Juli 29, 2011

Hemat di Saat Sulit

Jadi istri di tengah kecilnya gaji suami, memang harus berpandai-pandai. Kalau uang suami salah urus, alamat tekor di akhir bulan.

Jangan lagi mengikuti gaya hidup semasa muda yang suka boros, dengan belanja asal-asalan di mall. Kalau tak terlalu penting, baiknya tidak usah dibeli.

Bukankah lebih baik membeli susu bagi anak, daripada membeli asesoris keluaran terbaru. Siapa lagi yang hendak digayain, bukankah sudah punya suami?

Menurut Allwomensstalk, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk berhemat. Jika bisa dilakukan, pastinya suami makin sayang dengan anda.

Sebaik mungkin jangan lagi menyisakan makanan. Sekedar bagi informasi, makanan adalah komponen sampah rumah tangga terbesar setiap tahun. Nah, dengan tidak menyisakan makanan, Anda telah menghemat sekira Rp4,4 juta dalam setahun.

Oleh karena itu jangan menyisakan makanan. Kalau bisa, kreatiflah dalam mengelola sisa makanan. Minimal manfaatkan untuk yang lebih berguna, seperti untuk makan ikan peliharaan.

Agar hemat, baiknya membeli produk lusinan. Selain lebih hemat, membeli barang kebutuhan bulanan lusinan mengurangi biaya perjalanan Anda ke pusat perbelanjaan.

Selanjutnya, segeralah berhenti menggunakan piring atau gelas kertas. Anda dapat menghemat USD45 (sekira Rp383 ribu) setiap tahun dengan tidak menggunakan piring atau gelas kertas untuk sehari-hari.

Pertimbangkan untuk membawa gelas sendiri jika ingin minum kopi di Starbucks. Cara ini akan menghemat 10 persen pengeluaran Anda, karena membawa gelas sendiri.

Lebih penting untuk kantong, dengan rajin mencari informasi diskon dan potongan harga. Saat membayar barang belanjaan, tanyakan pada petugas kasir diskon khusus yang tengah berlangsung.

Terkadang toko-toko tidak menginformasikan secara luas. Siapa tahu Anda bisa dapat harga roti maupun susu yang lebih murah karena dalam beberapa hari akan masuk masa kedaluwarsa. Tapi tetap hati-hati juga, terutama makanan yang akan kadaluarsa, bahaya bu….

Senantiasalah membeli produk diskon. Saat berbelanja, jangan pernah malas untuk menyusuri lorong-lorong departemen makanan. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga daging yang lebih murah. Cek juga produk kalengan yang sedang diskon dan bisa Anda manfaatkan hingga sepekan ke depan.

Tidak ada salahnya anda berpikir sebelum membeli. Jangan pernah pergi belanja dengan perut kosong dan daftar belanjaan. Mengapa? Sebab belanja dengan perut kosong akan mengarahkan Anda belanja barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

Tanyakan diri Anda apa yang benar-benar dibutuhkan. Dengan begitu, daftar belanjaan tidak lagi disia-siakan.

Sebaiknya anda fokus mencari produk yang ada di daftar belanjaan. Tinggalkan kebiasaan melihat-lihat produk baru yang berharga tinggi, agar tidak tergiur untuk membelinya. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: