Oleh: hendrinova | Juni 27, 2011

>Berantas Kolesterol Jahat

>Gaya hidup tidak sehat seperti malas makan buah atau sayur, sering mendera manusia modern. Oleh karena itu, tidak heran jika beragam penyakit seperti kolesterol jahat jadi gampang menyerang.

Jika kadar kolesterol tinggi dalam darah, maka itu akan berakibat risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Nah, sikap behati-hati sebelum kena, tentu akan membuat seseorang terhindar dari penyakit ini.

Kolesterol seperti dikutip health.detik.com merupakan zat lemak yang ditemukan dalam darah dan sel-sel tubuh, dan merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh manusia untuk menjalankan fungsi utamanya. Menurut American Heart Association (AHA), kolesterol digunakan untuk membentuk membran sel dan hormon.

Tapi kebanyakan kolesterol bisa menimbulkan beragam penyakit saat kolesterol menjadi jahat. Dr Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, FIHA mengatakan, seseorang memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg. Sedangkan masuk kondisi berbahaya, jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.

Sebelum stroke menjambangi anda, maka ada beberapa herba yang bisa dijadikan andalan. Kekuatan herba ini, juga dirilis Livestrong banyak manfaatnya.

Jika anda penyuka buah delima (pomegranate), maka beruntunglah anda. Buah delima terkenal kaya antioksidan super yang membantu menjaga tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas, karena faktor metabolisme dan lingkungan.

Menurut buku Cholesterol Cures, jus delima dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat) sebanyak 40 persen, dengan demikian menurunkan penumpukan dalam darah dan arteri.

Buah delima juga kaya akan polifenol, yaitu flavonoid yang hadir sebagai pengecil kolesterol umum seperti yang terdapat pada teh hijau.

Buah berikutnya yang bisa jadi pilihan adalah lemon. Lemon merupakan sumber kaya pektin, yang membantu dalam menurunkan kolesterol oleh moderator baik penyerapan lemak dan gula. Lemon juga menyediakan jumlah vitamin C yang cukup banyak. Jika Anda secara teratur mengkonsumsi jus lemon, mungkin membantu untuk membakar 30 persen lebih lemak disertai dengan olahraga teratur.

Anda juga menyelingi dengan buah tomat. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam tomat adalah 9-okso-oktadekadioneat, senyawa yang mampu mengartasi dislipidemia atau ketidaknormalan kadar lemak dalam darah. Kadar lemak yang tidak normal di dalam pembuluh darah merupakan faktor risiko serangan jantung. Tomat juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Juga ada anggur ungu yang bisa jadi alternatif berikut. Studi di Coronary Thrombosis Research Laboratory, University of Wisconsin Medical School menemukan bahwa anggur ungu dapat memperbaiki fungsi endotel pada 15 pasien dengan penyakit arteri koroner.

Peningkatan tersebut berteori bahwa flavonoid dalam jus anggur ungu menghambat aktivitas platelet akibat kolesterol, yaitu zat di dalam darah yang membantu darah menggumpal, dapat berkontribusi bagi perkembangan serangan jantung dengan mengumpulkan pada plak arteri.

Tentu tidak membosankan, jika buah tersbeut dimakan dengan pola selang seling. Mudah-mudahan saja anda terhindar kolesterol jahat, dan selalu hidup sehat sejahtera. Berbagai Sumber. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: