Oleh: hendrinova | Juni 23, 2011

>Jantung Sehat dengan Air Putih

>Air memang multi khasiat, walau sepintas lalu terlihat sepele. Fungsi air bagi tubuh tak usah diragukan lagi, terutama untuk kesehatan jantung.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan pada Universitas Vanderbilt di Nashville, Tennesse Amerika, sebagaimana dirilis, http://www.dokterkimia.com membuktikan, bahwa air mempunyai banyak fungsi dan manfaat bagi tubuh manusia.

Banyak orang telah membuktikan manfaat air bagi kesehatan, sehingga mereka bisa sembuh dari penyakit yuang dideritanya. Atau juga orang yang membuktikan dengan air putih mereka tidak pernah terserang penyakit baik yang ringan maupun yang berat, sehingga badan tetap sehat dan bugar.

Majalah Sciences Today, salah satu majalah terbitan Amerika Serikat, menerbitkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan. Dari hasil penelitian tersebut menegaskan, minum cukup air setiap hari dapat membantu mereduksi penumpukan sedimen darah yang dapat menambah persentase kemungkinan terserang gangguan jantung dan stroke.

Air putih yang bersih dan sehat memiliki keinstimewaan untuk mencegah terjadinya serangan penyakit tersebut. Beda halnya dengan berbagai minuman beralkohol dan non-alkohol seperti kopi, teh, dan minuman campuran lainnya tidak memiliki manfaat seperti air putih tersebut.

Salah satu penemuan, yang dilakukan oleh para ahli, telah menemukan bahwa minum segelas besar air putih, dapat menambah tekanan darah ke dalam tubuh penderita tekanan darah rendah sekitar 40m|.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat memberikan gambaran pada Anda bahwa dengan kita minum air putih yang cukup tiap hari dapat membantu fungsi jantung dalam memompa darah untuk disalurkan keseluruh tubuh.

Pencegahan terhadap gangguan fungsi jantung, dapat dihindari. Karena perawatan dan pencegahan itu lebih baik daripada sudah terjadi gangguan jantung (penyembuhan).

Sementara hasil studi yang dilakukan para peneliti dari Loma Linda University di California menyebutkan, orang yang minum minimal lima gelas air perhari lebih jarang meninggal dunia akibat serangan jantung, dibandingkan yang minum air kurang dari dua gelas setiap harinya.

Sebaliknya orang yang mengkonsumsi minuman selain air putih, beresiko meninggal akibat serangan jantung dibandingkan yang minum lebih sedikit.

Analisi ini didasarkan pada studi yang melibatkan 8.280 pria dan 12.017 wanita dengan kisaran usia 38 tahun. Studi selama enam tahun yang dipimpin oleh Jacqueline Chan, DrPH bersama rekannya Synnove Knutsen, MD, PhD, ini mencatat kejadian dan perkembangan penyakit jantung koroner. Dari jumlah tersebut 246 responden meninggal akibat sakit jantung.

Hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology ini menyebutkan risiko serangan jantung pada responden yang minum lebih dari 5 gelas perhari berkurang sampai 41 persen. Sementara pada pria risiko kondisi yang mengkonsumsi minuman lain termasuk teh, kopi, jus, susu dan alkohol tetap beresiko tinggi terkena serangan jantung.

Menurut Chan air yang diminum akan diserap masuk ke dalam aliran darah, hal ini bisa menurunkan ketebalan pembuluh darah, jadi resiko terkena serangan jantung yang dipicu bekuan darah pun akan berkurang.

Sebaliknya minuman lain akan mempertebal pembuluh darah, pasalnya setelah dicerna bahan ini akan mengandung konsentrasi yang sama dengan darah.

Berbeda halnya dengan aspirin dan alkohol yang bisa menurunkan risiko serangan jantung tapi disertai problem kesehatan lain. Sementara air tergolong murah, mudah diperoleh dan tak membahayakan.

Nah… jangan ada kata malas lagi minum air putih. Sayangi jantung, dengan tetap terus minum air putih. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: