Oleh: hendrinova | Juni 23, 2011

>BK yang Selalu Terpinggirkan

>
Pelajaran Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah, selama ini selalu menjadi pelengkap semata di sekolah. Tak jarang jam pelajarannya hanya satu jam mata pelajaran. Kantor guru BK pun hanya di sudut kecil, dengan fasilitas yang sederhana.

Akibat dari pengesampingkan ilmu BK di sekolah, banyak anak-anak yang lepas kendali. Tawuran sering terjadi, bahkan dengan hasrat membunuh lawan dengan sangat kuat.

Alat-alat tawuran yang dibawa anak didik tidak hanya batu, tapi juga berbagai jenis senjata tajam lainnya. Anak jadi lepas kendali, sehingga lebih banyak hura hara daripada belajar.

Seharusnya, fungsi vital BK harus dijalankan sebaik mungkin. Sekolah harus memiliki konselor yang handal, sehingga bisa menjadi tempat curhat anak didik yang lagi dilanda masalah.

Jika konselornya bermutu, maka ia akan dicari anak didik untuk berkonsultasi. Kehadirannya akan ditunggu, sehingga banyak masalah murid yang bisa diselesaikan.

Jika ingin memiliki konselor yang handal di sekolah, maka buku berjudul ‘Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah’ setidaknya bisa membantu. Sekolah akan dipandu dengan baik, agar profesi konselor bisa dijadikan pemecah masalah yang terjadi di dalam sekolah dan luar sekolah.

Buku ini dengan gamblang memaparkan macam-macam teknik konseling. Baik secara umum maupun dengan penjabaran khusus. Mudah-mudahan bisa membantu mencari jalan keluar.

Bagi seorang konselor, buku ini juga bagus dimiliki. Konselor nantinya akan memiliki ilmu efektif konseling di sekolah. Antaranya, dengan memberikan perhatian penuh pada murid yang bermasalah.

Karena rata-rata konselor adalah wanita, maka buku ini hanya memberikan tips bagi konselor wanita. Di mana menurut buku ini, seorang konselor harus memerankan dirinya sebagai seorang ibu bagi anak yang sedang berkonsultasi.

Juga lebih efektif lagi, jika diterbitkan semacam buletin. Media ini tentunya bisa dijadikan ajang berkonsultasi bagi anak-anak yang memiliki sifat tertutup.

Nah, kalau konseling sudah berjalan sukses, maka prestasi anak murid juga bisa digenjot. Semua tentu karena tidak ada masalah berat yang kini bergayut di kepala anak didik. Hendri Nova

Judul: Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Penulis : Jamal Ma’mur Asmani
Penerbit :DIVA Press
Cetakan : Pertama, Juni 2010
Tebal : 306 Halaman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: