Oleh: hendrinova | Juni 23, 2011

>Belajar Fiqih Qawa’id

>
Fiqih Silam bagian dari sistem perundang-undangan ideal, mengatur hubungan antara manusia dengan tuhannya. Selain itu, juga mengatur hubungan antar individu, masyarakat, dan antar negara.

Ketentuan itu berlaku baik dalam keadaan damai atau perang, yang ditetapkan berdasarkan norma-norma bersumber dari Kitabullah dan Sunnah Rasulullah SAW. Maka tidak salah bila dikatakan fiqih Islam sebagai warisan berharga dan kekayaan besar yang sangat diperlukan dan tidak boleh ditinggalkan, apalagi disepelekan statusnya.

Umat Islam membutuhkan faqih atau seseorang yang ahli dalam ilmu fiqih di zamannya. Faqih tersebut harus memiliki kreibilitas tinggi dan menguasai metode-metode ijtihad serta naluri hukum. Hal ini dapat membuatnya dapat melakukan istinbath hukum syar’i dan dalil-dalilnya. Lebih utama lagi dalam masalah-masalah kontempirer dan aktual, yang sangat banyak dan terus berkembang.

Bahkan ilmu tersebut tidak akan pernah berakhir dan berhenti pada suatu titik. Selagi zaman masih berputar, maka selama itu pulalah terjadi perkembangan-perkembangan baru.

Sementara kaidah-kaidah fiqih (qawa’id fiqhiyah) merupakan instrumen yang membantu seorang faqih untuk memahami masalah-masalah pattikular (aljuz’iyyat), masalah-masalah yang mirip dan serupa, dalam seluruh pokok bahasan fiqih.

Semakin tinggi tingkat penguasaan seseorang faqih akan kaidah-kaidah ini, maka tingkat prestisenya akan semakin naik. Sementara rangkingnya makin meningkat, dan terbukalah jalan menuju lahornya fatwa.

Buku berjudul Qawa’id Fiqhiyyah ini, akan membantu seorang faqih dalam menjalankan tugas-tugasnya. Oleh karena itu, semua Islam juga layak mempelajarinya. Hendri Nova

Judul : Qawa’id Fiqhiyyah
Penulis : Prof.Dr.Nashr Farid Muhammad Washil dan
Prof.Dr.Abdul Aziz Muhammad Azzam
Penerbit : Amzah
Cetakan : Pertama, Februari 2009
Tebal : ix + 254 Halaman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: