Oleh: hendrinova | Februari 14, 2011

>Air Seni dan Kesehatan Tubuh

>Bagi sebagian orang, air kencing, air pipis, air seni, atau sebutan lainnya, tidak begitu berarti. Namun tidak bagi mereka yang mengerti ilmu kesehatan. Air kencing bisa dijadikan indikator untuk mengukur kesehatan seseorang.

Bahkan ibu yang ingin hamil, bisa mengetahuinya dengan cek pipis. Juga untuk mengetahui seseorang terlibat narkoba atau tidak, air pipis juga bisa dijadikan alat pengukur. Bagi dokter, peran air pipis masih banyak lagi.

Ada apa sebenarnya dengan air pipis? Sebagaimana diketahui, manusia diwajibkan banyak minum air, agar cairan tubuhnya tercukupi. Sebagaimana perannya dalam membawa beragam mineral, vitamin, protein, dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh, air juga sebagai pengatur keseimbangan dan temperatur tubuh. Tak berlebihan jika disebutkan air sebagai sumber kehidupan.

Menurut para ahli dalam beragam penelitian, manfaat air sangat besar bagi kesehatan. Tak sekedar pelepas dahaga, tapi juga sebagai pelumas jaringan tubuh, bantalan sendi, tulang, dan otot. Air juga berfungsi menjaga darah agar mempunyai volume dan kekentalan yang cukup.

Fungsi lainnya sebagai pengatur suhu tubuh. Banyak minum air, dipercaya mampu membersihkan tubuh, karena air akan mendorong racun atau toksin dalam tubuh melalui keringat, air seni, dan pernapasan.

Nah… khusus air seni, bisa dijadikan indikator untuk mengetahui apakah kadar air dalam tubuh mencukupi untuk kebutuhan setiap hari. Warna air seni bisa bicara, akan kesehatan pemilik tubuh.

Jika nantinya mendapati air seni berwarna lebih gelap dan pekat, itu pertanda ginjal bekerja keras menyaring kotoran ataupun racun. Maka dari itu, segeralah minum air lebih banyak lagi untuk membersihkannya. Sebaliknya, jika warnanya terang, berartikadar air dalam tubuh anda mencukupi.

Sementara menurut informasi yang dimuat ldiiwonogiri.wordpress.com, jika mendapati air seni keruh, berarti tubuh anda terdapat partikel padat pada urin seperti bakteri, sel epitel, lemak dan pecahan batu ginjal. Kalo sudah seperti itu, baiknya segera periksakan diri ke dokter, karena biasanya disebabkan oleh infeksi saluran kencing, harus cepat ditangani dan harus mendapat penanganan medis.

Jika air seni berwarna pink, merah muda atau merah, biasanya karena pengaruh makanan. Warna pink biasanya disebabkan oleh efek samping beberapa obat dan makanan tertentu seperti bluberi dan gula-gula. Warna ini juga bisa digunakan sebagai tanda adanya perdarahan di sistem perkemihan seperti kanker ginjal, batu ginjal, infeksi ginjal, tuberkulosis, pembengkakan prostat dan infeksi ginjal.

Kalau warnanya coklat atau mirip air teh, itu pertanda adanya gangguan hati seperti hepatitis dan sirosis. Jika berwarna kuning gelap, biasanya disebabkan disebabkan oleh konsumsi vitamin B komplek yang banyak terdapat pada minuman energi.

Urin berwarna hijau dan biru, juga disebabkan oleh makanan dan obat. Obat-obatan yang sering bikin jadi warna biru atau hijau adalah amitriptyline, indomethacin, dan doxorubicin.

Urine dapat mengungkapkan makanan seseorang. Bahkan perubahan warna, bau, dan konsistensi urine bisa menjadi petunjuk penting status kesehatan seseorang?

Analisis urine seperti dimuat omjun.com untuk mengintip kesehatan, telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Menurut Tomas Griebling, MD, MPH, ahli urologi dari University of Kansas, urine ibarat jendela untuk melihat apa yang terjadi dalam tubuh.

Berbagai hal yang bersirkulasi dalam tubuh, termasuk bakteri, jamur, protein, dan gula, akan keluar lewat air seni atau urine. Tubuh juga mengeluarkan kelebihan air dan “sampah” yang sudah difilter oleh ginjal melalui urine. Fungsi utama urine menurut Anthony Smith, MD, ahli urologi adalah untuk membawa zat-zat toksin keluar dari tubuh agar tidak menumpuk di tubuh dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Normalnya, urine tidak punya bau yang kuat. Namun bila mendapati bau yang tajam, mungkin saja terkena infeksi atau batu ginjal yang sering menimbulkan bau amonia. Adapun bau manis yang menguap dari urine bisa menjadi tanda penyakit diabetes.

Urin juga membawa banyak zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Makanya, zat berbahaya dalam ganja, morfin, dan narkotika lainnya, bisa cepat diendus dengan memeriksa air seni.

Oleh karena itu, bagi yang ingin sehat selalu, rajin-rajinlah meminum air putih atau air mineral, minimal 8 gelas sehari. Kalau rajin meminum air mineral, maka beragam penyakit bisa dihadang kedatangannya. Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: