Oleh: hendrinova | Oktober 18, 2010

Pelajaran Berharga dari Seekor Katak


Firebelly lahir sebagai katak yang kurang beruntung. Dua kakinya buntung sejak lahir. Hal itulah yang membuat rasa percaya dirinya berkurang dan lebih banyak merenung dan mengamati.

Ia lahir disebuah kolam penetasan peternak katak. Setelah agak besar, ia kemudian dipindahkan ke aquarium penjual hewan-hewan peliharaan.

Dalam aquarium itu, Firebelly berkenalan dengan seekor katak tua yang hobinya juga berdiam diri dan merenung dan mengamati. Walau secara fisik berbeda, Firebelly tetap menyimpan rasa ingin tahunya pada kata besar itu.

Suatu hari, secara tidak sengaja ia memperoleh kesempatan dekat dengan si katak tua. Waktu itu Firebelly menangkap jangkrik yang sangat disukainya. Tak dinyana, si katak tua marah padanya.

Ia mengklaim jangkrik itu miliknya, dan Firebelly telah merebutnya. Firebelly ketakutan dan berniat segera melarikan diri. Sebelum niat itu kesampaian, bayang-bayang buruk di kepalanya tiba-tiba sirna.

Katak tua itu mendadak bertanya akan dua kakinya yang cacat. Kesempatan itupun dimanfaatkan Firebelly untuk menanyakan asal usul si katak tua. Ia hanya tahu dari pemilik toko, kalau si katak tua dulunya diambil dari alam liar.

Hampir setiap hari, Firebelly duduk bersama si katak tua. Ia sangat suka mendengar kisah petualangannya, hingga akhirnya sampai di dalam aquarium toko penjual hewan peliharaan.

Suatu hari, Firebelly dibeli seorang gadis bernama Caroline. Awalnya ia tidak mau berpisah dari si katak tua. Namun kakak tua memaksanya untuk ikut si gadis kecil, karena dalam terawangan si katak tua, Caroline gadis baik.

Sejak saat itu, Firebelly tinggal bersama Caroline. Sayang tak beberapa lama, ayah Caroline ingin mengembalikan Firebelly ke toko, karena mengetahui ia cacat.

Untunglah Caroline bisa mempertahankannya, dan akhirnya Firebelly bersama keluarga itu hingga beberapa waktu. Hingga akhirnya berpisahan itu terjadi juga.

Firebelly akhirnya tercampak dalam dunia yang luas, dengan tantangan hebat seperti yang diceritakan katak tua. Hingga akhirnya, seseorang kembali datang menyelamatkannya.

Novel berjudul Firebelly ini, mengambil katak Firebelly sebagai tokoh utama. Banyak tamsil kehidupan yang bisa diserap dari kisah Firebelly. Diceritakan dengan bahasa yang menarik, membuat novel ini enak untuk dibaca. Pembaca di akhir bacaan akan mendapatkan, apa alasan penulis mengambil tamsil dari seekor katak. Hendri Nova

Judul : Firebelly
Penulis : J.C. Michael
Penerjemah : Rahmani Astuti
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta
Cetakan :Pertama, September 2010
Tebal : 323 Halaman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: