Oleh: hendrinova | September 20, 2010

Generasi Islam Paling Cemerlang


Saat agama Islam masih berjaya, perkembangan dalam berbagai ilmu pengetahuan berlangsung pesat. Banyak penemu dan ahli terlahir, karena buah pekerjaannya sangat bermanfaat bagi dunia.

Sayangnya, hasil kerja nyata ilmuwan Muslim tidak banyak diketahui umat Islam. Penyusunan buku pegangan siswa yang mengenyampingkan ilmuwan Muslim, telah membuat generasi Islam tidak tahu akan hasil karya mereka.

Mereka hanya mengenal ahli-ahli barat, karena tulisan merekalah yang banyak dipublikasikan. Hasilnya, terjadilah pemutarbalikkan fakta, bahwa ilmuwan barat lebih unggul.

Buku berjudul 99 Ilmuwan Muslim Perintis Sains Modern, mencoba mengungkap siapa yang pertama menemukan ilmui-ilmu tertentu. Ada 99 ilmuwan Muslim yang menjadi kajian, terkait hasil karya mereka di bidang ilmu pengetahuan.

Sayangnya, kajian yang dilakukan ada yang tidak sungguh-sungguh. Data yang ditulis penulis sangat singkat, sehingga terkesan kekurangan data.

Salah satu pembahasan yang terkesan tak mendalam bisa dibaca pada ahli berurutan 71, Al Hassar, yang disebut pakar bilangan dan pecahan. Data yang diungkap sangat dangkal, sehingga rasa ingin tahu pembaca akan sosoknya jadi tak terpenuhi.

Sementara bahasan yang mendetail pasti ada, dengan ulasan yang lumayan panjang. Tentu dibutuhkan penyempurnaan di masa yang akan datang.

Buku ini dari cakupan ilmuwan Muslim ternama, juga tidak memuat keseluruhan ahli tersebut. Soalnya dalam daftar pustaka di ungkap penulis, ada buku rujukan yang berhasil mengumpulkan 118 tokoh.

Mungkin saja pemilihan angka 99, untuk mengkaitkannya dengan Asmaul Husna. Walau begitu, buku ini tentu layak dibaca dan dijadikan bahan untuk memperkaya ilmu keluarga. Hendri Nova

Judul : 99 Ilmuwan Muslim Perintis Sains Modern
Penulis : Wahyu
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : Pertama, Mei 2010
Tebal : 359 Halaman

Iklan

Responses

  1. thanks infonyajaysunmubarrok.blospot.com

  2. thanks infonyajaysunmubarrok.blogspot.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: