Oleh: hendrinova | September 6, 2010

‘THE SORCERER’S APPRENTICE’ Terjebak Sengketa Para Penyihir


Dave kecil (Jake Cherry) dilanda cinta monyet selagi masih usia anak-anak. Ia pun iseng mengirim kertas berisi isi hatinya pada Becky kecil (Peyton List), gadis yang ia taksir.

Namun sebelum kertas balasan sampai ke tangan, angin menghembuskannya hingga sampai jalanan. Ia pun mengejar, namun sayang kertas itu hinggap di kaki seekor anjing dan akhirnya masuk ke sebuah rumah.

Belum sempat Dave menemukan kertas yang ia cari, sesuatu terjadi. Secara tiba-tiba muncullah Balthazar Blake (Nicolas Cage). Dave kemudian diberi sebuah cincin bergambar naga. Hebatnya, setiba di tangan Dave, naga itu berjalan dan kemudian melingkarkan ekornya di jari manis.

Kontan Dave terkejut, sekaligus takjub. Balthazar kemudian membuka sebuah rahasia, bahwasanya Dave seorang anak yang berpotensi bisa menguasai ilmu sihir. mereka bisa berduet, untuk melawan penganut sihir hitam.

Saat Balthazar lengah, secara tak sengaja Dave mempermainkan cincinnya. Akibatnya, sebuah kendi dalam ruangan barang-barang antik, seketika berubah menjadi manusia. Dave takut bukan alang kepalang, apalagi Balthazar terlibat perkelahian dengan lelaki yang rupanya penyihir jahat bernama Maxim Horvath (Alfred Molina).

Secara tak sengaja pula, Dave menggerakkan tangannya pada sebuah guci yang langsung menghisap keduanya. Secara ajaib, ruangan yang semula berantakan karena bertempur, langsung rapi kembali. Dave lari ke depan pintu, dan di sana telah ada guru dan teman-temannya yang lagi mencari keberadaan dirinya.

Waktu berlalu, dan Dave (Jay Baruchel) sudah menjadi lelaki remaja.
Pada waktu itu, Maxim berhasil keluar dan bertekad memburu Dave. Namun niatnya terus dikandaskan Balthazar.

Pertempuran sengit tak bisa dihindari, dan Dave jadi terlibat terlalu jauh. Iapun tidak punya pilihan, selain harus menguasai ilmu sihir. Apalagi Maxim berambisi membangkitkan banyak penganut sihir hitam.

Sayang waktu latihan, Dave terlalu over. Berbagai peralatan kebersihan menjadi hidup dan mengotori ruangan. Balthazar yang menguasai ilmu lebih hebat, berhasil mengatasi kekacauan itu.

Ketakutan Balthazar akan bangkitnya ilmu hitam, hampir saja terwujud. Berbagai penganut ilmu hitam di beberapa negara bangkit. Dave dan Balthazar mati-matian berusaha menghalangi proses pembangkitan itu.

Film besutan Sutradara Jon Turteltaub ini, mencoba menggabungkan cerita kuno dengan kehidupan moern. Sebagaimana diketahui, dunia memang pernah didiami banyak penyihir, seperti di zaman Musa dulunya.

Bangsa-bangsa seperti Romawi, Persia, China, Yunani dan lainnya, bahkan memiliki dewa-dewa yang dianggap memiliki kekuatan sihir. Legenda itulah yang coba dimanfaatkan Jon, sehingga berbagai dewa di Yunani, Mesir, China dan lainnya hampir berhasil ia bangkitkan.

Dibanding film dengan kisah sihir lahirnya, seperti Harry Potter, film ini kurang memiliki karakter kuat. Bahkan Dave, tidak memperlihatkan kemampuan sihir terbaiknya. Tapi secara keseluruhan, film ini lumayan menghibur. Hendri Nova

Jenis : fiksi
Pemain: Nicolas Cage, Jay Baruchel, Alfred Molina
Sutradara : Jon Turteltaub

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: