Oleh: hendrinova | September 6, 2010

Lebih Dekat dengan Nyamuk Demam Berdarah


Penyakit demam berdarah atau yang lazim disebut DBD, selalu mengancam kehidupan manusia. Nyamuk ini beroperasi di pagi dan sore hari, di saat manusia sibuk di kantor atau anak-anak lagi tidur.

Nyamuk Aedes Aegypti berasal dari Mesir, dan dengan cepat menyebar ke berbagai negara, terutama yang beriklim tropis. Nyamuk baru berbahaya, jika ia sudah meminum darah manusia yang menderita DBD.

Belalai bekas menghisap darah tersebut, jika digigitkannya pada orang sehat, maka potensi terjangkit penyakit yang sama bisa saja terjadi. Penderita akan diserang demam panas dan bisa berujung pada kematian.

Siklus DBD bisa terjadi berulang-ulang di suatu daerah. Apalagi menjelag musim hujan, penyakit ini dengan mudah menyerang. Tidak mengherankan jika pemerintah setempat melakukan pengasapan, untuk membunuh nyamuk DBD.

Warga pun diminta untuk selalu waspada, akan bahaya DBD. Tindakan 3 M, begitu populer di tengah masyarakat, yang dikenal juga dengan singkatan menguras, menutup dan menguburkan.

Walau bahaya nyamuk DBD sangat ganas, tidak semua masyarakat mau mentaati hidup bersih. Mereka masih membiarkan kaleng kosong digenangi air, bak mandi tidak dikuras-kuras dan lain sebagainya.

Kalau sudah terkena DBD, barulah mereka bergerak untuk melakukan aksi bersih-bersih. Satu tindakan yang tentunya amat terlambat, karena bertindak setelah mengalami penyakit.

Buku berjudul Mengenal Nyamuk Aedes Aegypty Penyebar Demam Berdarah dan Upaya Pengendalinya ini, secara ringkas membahas nyamuk yang satu ini. Hal yang terkait dengan sejarah nyamuk, klasifikasi, morphologi, siklus hidup hingga cara pengendaliannya dibuat secara detail.

Tentu bagi anda sangat berarti, karena bisa melakukan pencegahan sebelum DBD terjadi. Jadi buku ini layak jadi panduan untuk memberantas nyamuk DBD yang ada di sekitar rumah. Hendri Nova

Judul : Mengenal Nyamuk Aedes Aegypty Penyebar Demam Berdarah dan Upaya Pengendalinya
Penulis : Satni Eka Putra
Penerbit: Pustaka Artaz
Cetakan : Pertama 2010
Tebal : V + 43 halaman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: