Oleh: hendrinova | Juli 24, 2010

Picu Gairah Bersama Merica


foto: merica.jpg

KECIL-KECIL MANTAP – Walau bentuknya kecil, khasiat merica ternyata sangat besar. Hendri Nova

Tumbuhan yang termasuk jenis bumbu-bumbuan ini, amat dikenal ibu-ibu rumah tangga. Terutama orang Minang yang gemar membuat soto, masak gulai daging dan sebagainya.

Sentuhan merica selain memberi aroma harum, juga meningkatkan rasa pedas. Maklum orang Minang memang sangat suka dengan yang pedas-pedas.

Tidak salah kiranya, jika dikatakan masakan orang Minang itu kaya akan tumbuhan berkhasiat. Merica selain sebagai menambah rasa pedas dan aroma masakan, ternyata amat berguna untuk yang berpenyakit asma, masuk angin, mencret, dan lainnya.

Setelah diteliti, ternyata merica mengandung berbagai zat kimia alami seperti piperine (4 – 6%), piperidine (0,19%), dan minyak terbang (0,9%). Selain berfungsi sebagai bumbu atau rempah yang banyak dipakai pada masakan, merica juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit rematik, perut mulas, dan penyakit beri-beri.
Bahkan air rebusan akar tanaman merica yang merupakan akar lekat, juga dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur antiseptik. Selain itu, manjur pula untuk meringankan sakit gigi karena dapat berfungsi sebagai penawar rasa sakit dan nyeri.

Hawa panas yang ditimbulkan merica (piper nigrum), mampu mengusir hawa dingin dan membuat badan jadi segar. Tidak heran kalau tumbuhan ini disebut juga bisa mendongkrak stamina. Caranya, campurkan bubuk lada atau merica dengan telur ayam kampung setengah matang, lalu dimakan.

Tidak jarang juga warga yang tinggal di daerah dingin, mencampurkan merica pada kopi atau seduhan jahe. Orang yang meminumnya, akan mendapatkan rasa hangat yang menyegarkan.

Bagi penderita asma, masuk angin, dan mencret, cara membuat obatnya sederhana saja. Ambil satu sendok makan bubuk lada, kemudian seduh dengan dua gelas air panas. Aduk hingga rata dan biarkan sejenak sampai berubah jadi hangat atau suam-suam kuku. Minum obat ini dua kali sehari sampai penyakit asma, mencret dan masuk angin sembuh.

Khusus bagi penderita asma, ramuan obat ini bisa dijadikan obat rutin, terutama di musim penghujan. Biasanya penyakit asma sering kumat ketika musim dingin.

Merica sendiri ada dua jenis. Selain yang berwarna putih, juga ada yang berwarna hitam atau disebut dengan merica hitam. Kemampuannya bahkan disamakan dengan aspirin. Sebagian masyarakat juga percaya, merica dapat mengobati insomnia sampai gigitan serangga dan melancarkan aliran darah di sekitar kepala.

Nah bagi yang menderita flu, makan makanan yang mengandung merica, tentu sedikit bisa melonggarkan hidung yang tersumbat. Jika masuk angin sehabis berkendara, usir juga dengan merica.

Penelitian terbaru di Eropa, sedang mengkaji manfaat lada hitam sebagai obat baru bagi penyakit pigmen kulit yang disebut vitiligo.
Dalam istilah medis, vitiligo dikenal sebagai kondisi di mana di sebagian wilayah kulit kehilangan pigmen normal, sehingga permukaannya tampak memutih.

British Journal of Dermatology mempublikasikan, para peneliti dari King’s College London berhasil mengungkap manfaat piperin – kandungan utama yang membuat lada hitam terasa pedas dan gurih – dalam merangsang pigmentasi dalam kulit.

Merica hitam juga disebut termasuk bahan alami yang berpotensi sebagai afrodisiak atau pemicu gairah seks. Hal ini disebabkan kandungan piperine dalamnya, yang membuat gairah seksual seseorang meningkat.

Mekanismenya bekerja di area sintesa nitrit oxicide (NO) di endothelium (lapisan dalam pembuluh darah). Merica hitam bisa dikonsumsi lewat hidangan masakan sehari-hari. Nitrit oksida itu
terutama memengaruhi mekanisme saat ereksi.

Tapi ingat, kalau terlalu berlebihan, mengkonsumsi merica hitam ada bahayanya. Jantung nantinya bisa berdebar-debar, karena tidak kuat menanggung efeknya. Karena itu, konsumsi sewajarnya saja.

Nah… bagi anda yang saat ini jarang menggunakan merica dalam masakan, baiknya mulai membiasakannya. Apalagi di saat harga cabai merah yang meninggi, rasa pedas merica setidaknya dapat menambah pedas masakan yang dibuat (berbagai sumber). Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: