Oleh: hendrinova | Juli 21, 2010

THE LAST AIRBENDER’, Serakahnya Negeri Api


Katara (Nicola Peltz) dan saudaranya Sokka (Jackson Rathbone), secara tak sengaja menemukan sesuatu yang aneh dari balik es di sebuah sungai yang membeku. Didorong oleh rasa penasaran, Sokka nekat memukul es dengan senjata mirip bumerang.

Tak dinyana, gumpalan es pecah dan hampir menenggelamkan keduanya. Secara mengejutkan, satu bongkahan seperti bola es muncul ke permukaan. Bermodal kenekatannya, bola itu dipukul dan dari dalamnya keluarlah sesosok manusia bersama satu ekor binatang. Sebersit cahaya berkiblat dan terlihat dari negeri api.

Anak kecil yang ditemukan Katara dan Sokka, segera dibawa keperkampungan Negeri Air. Tak beberapa lama kemudian, anak yang bernama Aang (Noah Ringer) tersebut sadar.

Bersamaan dengan itu, Prince Zuko (Dev Patel) dari Negeri Api bersama pasukannya datang ke Negeri Air. Warga ketakutan dan tidak bisa berbuat banyak, saat Aang mereka tangkap.

Dari tetua kampung, Katara dan Sokka mengetahui kalau Aang adalah Avatar yang akan menyelamatkan dunia dari perang berkepanjangan. Keduanya memiliki kewajiban menyelamatkannya, dengan segala daya yang dimiliki.

Sementara Aang, langsung dikenali Zuko sebagai Avatar yang akan menghalangi ambisi negara Api menguasai dunia. Ia harus dilenyapkan, agar tak ada lagi Avatar di muka bumi.

Pertempuran sengit terjadi dan Aang berhasil meloloskan diri. Dengan tongkat bersayapnya, ia melayang di udara, bebas dari jangkauan meriam api yang dilontarkan pasukan Zuko. Aang kemudian naik ke atas binatang tunggangngannya, yang telah dibawa Katara dan Sokka waktu mencari dirinya.

Aang tidak percaya, kalau dirinya kini telah berumur 100 tahun, ketika Katara mengajaknya bercerita tentang dirinya. Aang penasaran, dan nekat mencari kampungnya. Ia pun mendapati Negeri Udara yang sudah lengang, dengan tengkorak berserakan. Aang menemukan tengkorak gurunya.

Untuk menyelamatkan dunia dari keganasan Negeri Api, Aang harus menguasai empat elemen kehidupan, air, tanah, api dan udara. Teknik udara sudah dikuasai Aang dengan baik. Itu berarti, ia harus menguasai teknik air setelahnya.

Bertiga mereka kemudian mengarungi samudera menuju Negeri Air Selatan. Maksud Aang ingin mempelajari teknik air, dengan guru-guru yang ada disitu.

Ia dengan cepat berhasil menguasai teknik air, sampai Katara pun tercengang dibuatnya. Saat Aang bersemedi mencari petunjuk akan apa yang akan dilakukan sebagai Avatar, pasukan Negeri Api datang menyerang. Admiral Zhao (Aasif Mandvi) pimpinan pasukan, tanpa ada rasa takut membunuh salah satu ikan yang berafiliasi dengan matahari. Dunia langsung dirubung kegelapan.

Film garapan Sutradara M. Night Shyamalan ini, merupakan sekuel dari serial animasi Avatar. Film dibuat semirip mungkin dengan kisah animasinya, sehingga jalan cerita gampang ditebak.

Sayangnya, pemilihan pemain jauh menyimpang. Aang yang di serial animasi digambarkan ceria, jadi lebih serius dalam versi layar lebar. Zuko yang selalu tampak ganas dengan tato apinya, terlihat sedikit lembek. Begitu juga dengan Sokka yang sedikit urakan, tampak lebih kalem. Rambut Zuko dan Sokka juga berbeda, begitu juga dengan tato Aang.

Film ini sepertinya akan dibuat trilogi atau bisa lebih banyak lagi. Jika merunut pada kisah animasinya, sesudah ini tentu akan bercerita tentang Negeri Tanah. Tapi apakah tetap segaring sekuel pertama, kita lihat saja. Hendri Nova

Jenis : Action
Pemain : Noah Ringer, Nicola Peltz, Jackson Rathbone, Aasif Mandvi, Dev Patel
Sutradara : M. Night Shyamalan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: