Oleh: hendrinova | Juli 3, 2010

‘IP MAN 2’, Pertarungan Harga Diri


Setelah melarikan diri ke Hong Kong, kehidupan IP Man (Donnie Yen) jadi memprihatinkan (Kemenangan Partai Komunis China membuat IP Man lari ke Hong Kong. Master bela diri Wing Chun itu, sampai sekitar tahun 1949, bisa dilihat di IP Man 1).

Usaha IP membuka perguruan ilmu bela diri Wing Chun, masih asing di telinga warga Hongkong. Beberapa waktu, IP hanya duduk menganggur di atap rumah salah seorang kenalannya. Hingga suatu hari, ia kedatangan Wong Leung (Huang Xiaoming), seorang calon murid yang mengajaknya bertarung.

Wong Leung kalah dalam adu teknik kungfu. Ia pergi dan tiba-tiba datang lagi dengan tiga temannya. Ketiganya langsung menyerang, tapi dengan mudah dapat dilumpuhkan IP.

Kekalahan itu akhirnya berbuah, dengan masuknya Wong Leung dan ketiga temannya ke perguruan Wing Chun. IP sendiri langsung menagih uang belajar, karena ia sendiri dalam ancaman gusuran oleh pemilik kontrakkan.

Hari berikutnya, Wong Leung berhasil lagi membawa beberapa orang temannya. Ekonomi IP Man mulai membaik, walau masih jauh dari kata cukup.

Hingga suatu hari, Wong Leung terlibat perkelahian dengan murid-murid perguruan silat lain. Bentrokkan itu bermula dari perilaku buruk mereka pada Wong Leung. Saat adu ketangkasan, Wong Leung menang namun langsung dikeroyok oleh lelaki lainnya.

IP mencari di mana lokasi Wong Leung berada. Ia pun menemukan Wong Leung dalam rendaman kolam ikan. Perkelahian dua lawan puluhan orang terjadi, dan IP Man berhasil mengatasi.

Saat di puncak perkelahian, datanglah Hung Gar (Sammo Hung) yang langsung tersinggung dengan perkataan IP. Ia kemudian menantang IP adu tanding, sebagai legalisasi perguruannya di Hongkong. Namun sebelum itu ia harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Hari tarung pun datang dan IP dengan jumawa berhasil mengalahkan master kungfu lainnya. Terakhir ia imbang saat bertarung dengan Hung Gar. IP akhirnya resmi bergelar master IP, dan diwajibkan bayar 100 dolar tiap bulan. IP langsung menolak.

IP kembali mengajar anak didiknya seperti semula. Sayang saat IP tak bersama mereka murid Hung Gar berbuat onar, dan akibatnya mereka terusir dari tempat latihan.

IP tidak terima dan ia mendatangi Hung Gar. Perkelahian terjadi. Namun berhenti setengah sajalan, saat IP menyelamatkan anak bungsu Hung Gar dari pukulan ayahnya. Mereka akhirnya bersahabat. Hung Gar mengundang IP menghadiri pertandingan tinju.

Kekacauan terjadi, kala Twister (Darren Shahlavi) petinju barat menghina kungfu orang China. Wong Leung juga jadi korban. Hung Gar akhirnya menantang petinju itu dan ia kalah dan tewas. Dendam itu, dibalaskan IP.

Film besutan Sutradara Wilson Yip ini, merupakan sekuel kedua dari judul yang sama. Kisah tarung antara kungfu China dan barat ini, lumayan banyak dibahas dalam China sebelumnya.

Bagi penggemar serial kungfu, tentu rugi melewatkannya. Dan satu hal yang bisa diambil pelajaran, guru juga butuh uang untuk diri dan keluarganya. Karena itu, jangan telat bayar iuran.

Masalah harga diri juga begitu kuat dalam film ini. Matipun akan dilakoni, jika itu diperlukan untuk mempertahankannya. Hendri Nova

Jenis : action
Pemain: Donnie Yen, Sammo Hung, Lynn Hung, Huang Xiaoming
Sutradara : Wilson Yip

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: