Oleh: hendrinova | Juli 3, 2010

Adas, Sembuhkan Impoten, Tumor dan Kanker


OBAT PATEN – Walau sebagai bumbu dapur, adas punya khasiat mencegah impoten dan penyakit lainnya. Hendri Nova

Orang Minang menyebut tumbuhan ini dengan sebutan adeh atau manih. Dikatakan seperti itu, dikarenakan adas memiliki rasa pedas dan manis. Tentang khasiatnya, masyarakat sekitar Padang Panjang, Bukittinggi, Alahan Panjang dan daerah dingin lainnya sangat mengetahuinya.

Soalnya, adas dapat menghangatkan tubuh. Benar-benar Maha Besar Allah, karena telah melengkapi makhluknya dengan bermacam perlindungan dari bahaya iklim.

Adas (foeniculum vulgare mill) memiliki bau aromatik. Setelah diteliti, ternyata terdapat beberapa bahan kimia yang ada dalamnya. Sebutlah minyak asiri 0.3-6%, fanchom, metil, chavicol, dan anis keton.

Selain itu adas juga mengandung senyawa kimia seperti kamfena, limonena 1,8 sineol, arginin, dianethole, rutin, dan stigmasterol. Sementara efek farmakologis yang dimilikinya, antaranya dapat menambah daya tahan ubuh, obat flu, dan anti-kholinesterase.

Secara mengejutkan, juga mampu mengatasi ejakulasi dini, dan merangsang ereksi. Ia juga mampu merangsang syaraf pusat, mencegah kemandulan, memperkuat daya hidup sperma, pemicu pengeluaran hormon androgen, melemahkan potensi sperma, merangsang pengeluaran hormon estrogen, penambah semangat dan vitalitas. Selain itu juga bisa digunakan sebagai anestesi, merangsang keringat, dan penguat hepar (hati).

Adas juga bisa menghambat pengeluaran enzim Aldose-reduktase, fosfodiesterase dan lipoksiginase. Lebih hebat lagi, juga dapat memperlambat penuaan, merangsang terjadinya ovulasi, dan melindungi hati dari gangguan dan racun (antihepatotoksik).

Stigmasterol yang ada di dalam adas, dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan hormon steroid atau obat KB. Bagi yang berminat ber-KB secara alami, adas bisa dijadikan pilihan. Selain itu, adas juga sering digunakan sebagai penyempurna atau pengharum rasa obat (corrigens), dan pengawet alami bahan makanan tanpa efek samping.

Masyarakat juga mengenal adas sebagai obat sakit perut (mulas), perut kembung, mual, muntah, ASI sedikit. Ia juga mampu menyembuhkan diare, sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan, batuk, sesak napas (asma), nyeri haid, haid tidak teratur, rematik goat, susah tidur (insomnia), buah pelir turun (orchidoptosis), kolik, usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis), batu empedu, pembengkakan saluran sperma (epididimis), penimbunan cairan dalam kantung buah zakar (hiodrokel testis), keracunan tumbuhan obat atau jamur, dan meningkatkan penglihatan.

Hampir seluruh bagian tumbuhan ini, bisa dijadikan obat. Sebutlah akar, daun, dan buahnya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit. Adas juga dapat digunakan sebagai bahan campuran obat, supaya khasiatnya lebih lengkap.

Tumbuhan dengan bunga indah berwarna kuning ini, sangat terkenal di Anglo-Saxon. Turut sejarahnya, adas diketahui berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Kini ia sudah ditanam di Indonesia, India, Argentina, Eropa, dan Jepang.

Buah adas yang telah masak mempunyai bau khas aromatik, dan bila dicicipi rasanya relatif seperti kamfer. Ia dapat menghasilkan minyak adas, yang merupakan basil sulingan serbuk buah adas yang masak dan kering.

Saat ini tersedia dua macam minyak adas, yaitu rasa manis dan pahit. Keduanya, digunakan dalam industri obat-obatan. Adas juga dipakai untuk bumbu, atau digunakan sebagai bahan yang memperbaiki rasa (corrigentia saporis) dan mengharumkan ramuan obat.

Oleh kaum ibu, adas digunakan bersama-sama dengan kulit batang pulosari. Sementara daunnya, sering dimakan sebagai sayuran. Kalau ingin menanamnya, bisa dengan biji atau dengan memisahkan anak tanaman. Agar awet, buah yang telah masak dikumpulkan, lalu dijemur sampai kering.

Untuk penyakit batu empedu, segera cuci 5 gram buah adas kering, seduh dengan 1 gelas air lalu dinginkan. Minum sekaligus 1 gelas sehari.

Pencegahan dan penyembuhan impoten, bisa dengan cara mencampur 10 gram adas, 25 gram pulosari, 10 gram bawang putih, 25 gram merica dan 25 gram kunyit jadi satu. Semua bahan ditumbuk halus, lalu tambahkan air panas secukupnya, sehingga membentuk larutan. Tambahkan 1 sendok makan madu murni, 2 butir kuning telur ayam kampung, lalu aduk sampai rata. Minum larutan 2-3 jam setelah makan malam dan lakukan 1 kali sehari selama 1 bulan.

Bagi penderita tumor dan kanker, segera cuci bersih 5 gram buah adas, 100 gram akar alang-alang, dan 1-2 batang benalu teh. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air, sampai tersisa 1 gelas lalu dinginkan. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Penderita sariawan juga bisa disembuhkan dengan adas. Cuci bersih 15 gram buah adas dan 15 gram kulit kayu manis yang telah ditumbuk halus. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air. Masukan kedalamnya 10 gram kunyit yang telah diiris tipis-tipis. Setelah tersisa 2 gelas dinginkan. Lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Ulangi pengobatan secara rutin selama 7 hari.

Sebagai obat batuk, siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gram, lalu disedub dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kalisehari, sampai sembuh.

Untuk obat sesak napas, ambil minyak adas sebanyak 10 tetes diseduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari, sampai sembuh.

Bagi wanita dengan haid tidak teratur, siapkan daun dan bunga srigading masing-masing 1/5 genggam, jinten hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari, bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu sebesar telur ayam, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya.

Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai
tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, minurn 3 kali sehari,
masing-masing 3/4 gelas. Keracunan tumbuhan obat atau jamur
Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gram, lalu seduh dengan
setengah cangkir arak. Minum selagi hangat.

Perlu diingat, gunakan sebagai bahan obat seperlunya, dan jangan terlalu berlebihan. Jika anda sering kentut dan bersendawa, tandanya adas bekerja bagus. Bahkan juga efektif untuk pengusir serangga (insect repellent), yang sering mengganggu ketenangan anda. (Berbagai Sumber) Hendri Nova

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: